Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laksda Rachmad Jayadi Resmi Jabat Panglima Koarmada III Gantikan Laksda Agus Hariadi

Kompas.com - 19/05/2023, 17:41 WIB
Miska Ithra Syahirah,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jabatan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III resmi diberikan kepada Laksamana Muda (Laksda) TNI Rachmad Jayadi yang saat ini sedang mengikuti Pendidikan Lemhanas 2023. Adapun sebelumnya, jabatan tersebut diisi oleh Laksamana Muda Agus Hariadi.

Upacara serah terima jabatan (sertijab) dipimpin oleh Pangkoarmada Republik Indonesia (RI) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Herru Kusmanto di lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat pada Jumat (19/5/2023).

"Serah terima jabatan ini kita laksanakan karena selain proses pembinaan personil, ada pejabat yang harus diganti karena melaksanakan tugas sekolah di Lemhanas," ucap Herru, Jumat.

Baca juga: Panglima TNI Sertijab 6 Perwira Tinggi, dari Pangkogabwilhan III hingga Danpuspom

Herru mengatakan, dengan wilayah kerja yang cukup luas dan tanggung jawab posisi Pangkoarmada III, serta banyaknya tantangan yang harus dihadapi, diharapkan Pangkoarmada III bisa bekerja dengan maksimal dan taat hukum.

"Maka, Pangkoarmada III harus dapat mengantisipasi secara dini dan harus mampu merespons dengan cepat dan tepat sesuai aturan hukum yang berlaku, baik hukum nasional dan hukum internasional," katanya dalam upacara tersebut.

Diketahui, Rachmad Jayadi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan (Wadan) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

Selain penyerahan jabatan kepada Pangkoarmada III, upacara hari ini juga berbarengan dengan sertijab Komadan Komando dan Latihan (Dankolat) kepada Kolonel Laut (P) Endra Hartono dari Laksamana Pertama Octavianus Budi Susanto.

Tak hanya itu, jabatan Komandan Komando Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Dankoppeba) juga diserahkan kepada Kolonel Laut (S) Darmansyah yang sebelumnya diisi oleh Laksamana Pertama Ferdy Hendarto Susilo.

Baca juga: KSAL Pimpin Sertijab di TNI AL, Kolonel Laut I Made Wira Hady Jadi Kadispenal

Herru berharap program yang telah dirintis dan dilakukan oleh pejabat lama dapat diteruskan oleh masing-masing perwira tinggi yang baru menjabat tersebut.

"Teruskan program yang sudah direncanakan dan dirintis oleh pejabat lama, pegang teguh trisila, sapta marga dan sumpah prajurit. Serta tingkatkan soliditas dan sinergitas, baik di internal TNI AL, TNI AD, TNI AU, Polri maupun instansi lain," ujar Herru.

Secara terpisah, lanjut Herru, pihaknya juga menggelar Sertijab Asisten Operasi (Asops) Pangkoarmada RI dari Laksamana Pertama Haris Bima Bayuseto kepada Laksamana Pertama Isswarto.

Perlu diketahui, Koarmada RI merupakan Kotama Operasi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima dan Kotama Pembinaan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasal.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya tersebut, Koarmada RI membawahi tiga Koarmada bernomor, yaitu Koarmada I di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Koarmada II di Surabaya, Jawa Timur, dan Koarmada III di Sorong, Papua Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com