Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Pengakuan Ferdy Sambo dengan Richard Eliezer, Mulai dari Amunisi hingga Penembakan Yosua

Kompas.com - 10/12/2022, 09:35 WIB
Fitria Chusna Farisa

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdakwa pembunuhan berencana, Ferdy Sambo, memberikan keterangan soal kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (7/12/2022).

Namun, sejumlah pengakuan Sambo dibantah oleh Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Yosua lainnya.

Menurut Bharada E, Sambo menyampaikan kesaksian yang tidak benar perihal perintah penembakan Brigadir J, amunisi senjata, hingga keterlibatannya dalam menembak Yosua.

Baca juga: Dalam Persidangan, Sambo Sebut Perintahkan Bharada E Hajar Yosua, Bukan Tembak

Berikut sejumlah pengakuan Ferdy Sambo yang berbeda dengan keterangan Richard Eliezer.

Amunisi

Di hadapan majelis hakim, Ferdy Sambo mengakui bahwa dirinya sempat memanggil Richard Eliezer ke ruang kerja rumah pribadinya di Jalan Saguling, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022).

Saat itu, Sambo meminta kesediaan Richard untuk menembak Yosua. Namun, pada saat yang sama Sambo bilang dirinya tak pernah memberikan amunisi senjata untuk Richard.

"Apakah saudara sempat membahas tentang amunisi kepada Richard? Karena ada keterangan kesaksian, saudara memberikan amunisi, menambahkan amunisi kepada Richard," tanya hakim.

"Tidak ada, Yang Mulia," jawab Sambo yang saat itu hadir sebagai saksi untuk terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf dalam sidang.

Baca juga: Ferdy Sambo Ungkap Hasil Poligraf tentang Pernyataannya Tak Tembak Brigadir J

Keterangan ini berbeda dengan yang disampaikan Richard. Menurut Richard, saat Sambo memanggilnya di rumah Saguling, atasannya itu memberikannya sekotak amunisi.

"Karena pada saat itu beliau memberikan kepada saya satu kotak amunisi dan menyuruh saya untuk menambahkan amunisinya, Yang Mulia," kata Richard.

Konfirmasi ke Yosua

Menurut penuturan Sambo lagi, pada Jumat (8/7/2022), dia sebenarnya hendak mengonfirmasi ke Yosua perihal kekerasan seksual yang ditudingkan istrinya, Putri Candrawathi.

Saat tiba di rumah Duren Tiga, Sambo mengaku sempat bertanya ke Yosua ihwal tersebut. Namun, jawaban Yosua seakan menantangnya.

"Kenapa kamu tega sama ibu?" kata Sambo.

"Jawaban Yosua tidak seperti yang saya harapkan, dia malah bertanya balik, 'ada apa, Komandan?' seperti menantang," ujarnya lagi.

Baca juga: Sambo Ngaku Tak Ikut Tembak Brigadir J, Hakim: 5 Tembakan Bharada E, yang 2 Siapa?

Mendengar jawaban itu, kemarahan Sambo semakin memuncak. Selanjutnya, dia mengaku memerintahkan Richard untuk menghajar Yosua.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com