Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Kasus Mutilasi Sipil di Mimika Ganggu G20, Anggota DPR: Ini Lebih Hebat dari Peristiwa Sambo

Kompas.com - 01/09/2022, 15:12 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI-P Effendi Simbolon mengingatkan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi akan peristiwa mutilasi warga Papua oleh prajurit TNI.

Menurut dia, hal tersebut dikhawatirkan berdampak bagi penyelenggaraan acara internasional, salah satunya G20 akhir tahun ini.

"Kasus mutilasi sangat serius, ini kita dipermalukan, bukan cuma kombatan yang kita hantam, tetapi warga sipil kita mutilasi, dan ini lebih hebat dari peristiwa Sambo," kata Effendi dalam rapat kerja bersama Menlu di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Anggota TNI Pelaku Mutilasi di Mimika Dinilai Bisa Diadili di Pengadilan Umum

Effendi mengaku prihatin atas peristiwa tersebut dan tak habis pikir bagaimana prajurit bisa melakukan tindakan tersebut kepada warganya.

Ia juga menilai peristiwa ini luar biasa. Untuk itu, Komisi I diusulkan membentuk tim khusus menginvestigasi kasus mutilasi tersebut.

"Saya usul ke Komisi I kita harus bentuk timsus, ini pelanggaran HAM," ujar dia.

Politisi PDI-P itu juga mengaku mendengar adanya gerakan atau kelompok di beberapa negara yang menyoroti kasus ini.

Menurut dia, jika kelompok-kelompok tersebut bersatu, dikhawatirkan mengganggu jalannya penyelenggaraan acara internasional di Indonesia.

"Saya dengar ini ada gerakan kecil di Black Caucus ini membawa isu ini, Black Caucus ini sudah cukup terbukti, once mereka bersatu, Eropa dan Amerika dan tentu Australia dan Salomon, ibu Menlu akan kerepotan, apa lagi jelang G20 Bu. Kita ingin semua smooth dan laksanakan dengan baik, dan hasil berjalan baik," ujar Effendi.

Baca juga: Anggota TNI Terlibat Mutilasi, Pemerintah dan DPR Diminta Segera Revisi UU Peradilan Militer

Adapun enam prajurit TNI Angkatan Darat ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan disertai mutilasi terhadap warga sipil di Mimika, Papua.

Keenamnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polisi Militer (Pom) TNI AD.

Sementara itu, para pelaku lainnya yang berlatar belakang sipil ditangani oleh pihak kepolisian.

Polda Papua tengah melakukan penyelidikan atas temuan dua jenazah korban mutilasi warga yang ditemukan di Kampung Pigapu, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (27/8/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com