Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Meriahnya Rangkaian Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka

Kompas.com - 17/08/2022, 17:11 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (17/8/2022) telah berlangsung dengan khidmat, meriah, dan lancar.

Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara memimpin langsung upacara tersebut dan tampak hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Wury Ma’ruf Amin.

Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).Dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden, tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.

Baca juga: Kenakan Pakaian Adat Kaltim Saat Upacara HUT ke-77 RI, Menkes: Siap-siap ke Ibu Kota Baru

Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos.

Saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos yang bertindak selaku pemimpin ucara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).Dok. Sekretariat Presiden Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos yang bertindak selaku pemimpin ucara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Laporan komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali yang menggelegar dari arah Taman Monumen Nasional dengan disertai bunyi sirene panjang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka.

Baca juga: Erick Thohir Pakai Baju Adat Pulau Rote pada Upacara HUT Ke-77 RI, Apa Maknanya?

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, La Nyalla Mattalitti, kemudian membacakan naskah proklamasi yang pada 77 tahun lalu dikumandangkan proklamator, Ir. Soekarno, sebagai tanda bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan.

Suasana upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (17/8/2022). Dok. Sekretariat Presiden Suasana upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (17/8/2022).

Selepas itu, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara baik yang hadir langsung di lokasi maupun yang mengikuti secara virtual untuk mengheningkan cipta.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, kemudian memandu pembacaan doa.

Selanjutnya, I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Provinsi Jawa Tengah membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan di halaman Istana Merdeka.

Baca juga: 6 Baju Adat Jokowi Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI Setiap Tahun

Adapun Paskibraka lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera, Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera, dan Rafly Tri Aditama Susanto sebagai Komandan Kelompok 8.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Provinsi Jawa Tengah yang bertugas membawa bendera Merah Putih untuk HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).Dok. Sekretariat Presiden I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Provinsi Jawa Tengah yang bertugas membawa bendera Merah Putih untuk HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka yang tergabung dalam Tim Pancasila Tangguh tersebut.

Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman Istana Merdeka.

Baca juga: Ini Makna dan Filosofi Baju Adat Dolomani yang Dikenakan Jokowi pada Upacara HUT Ke-77 RI

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com