Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima Sebut Mayjen Maruli Sangat Pantas Jabat Pangkostrad

Kompas.com - 24/01/2022, 18:19 WIB
Achmad Nasrudin Yahya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima Jenderal Andika Perkasa menyebutkan, Mayor Jenderal (Mayjen) Maruli Simanjuntak sangat pantas menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Di samping itu, Andika memastikan bahwa penunjukkan Maruli sebagai Pangkostrad telah sesuai penilaian yang digelar secara profesional.

"Jadi penunjukan Maruli benar-benar sesuai dengan penilaian secara profesional dan memang sangat pantas juga menjadi Pangkostrad," ujar Andika usai rapat bersama Komisi I di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Andika mengatakan, jabatan Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) yang pernah diemban Maruli merupakan salah satu penilaian di dalam Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) TNI.

Di mana Maruli sebelumnya menjabat Pangdam IX/Udayana.

Baca juga: Menantu Luhut Jadi Pangkostrad, TB Hasanuddin Minta Publik Jangan Lihat Silsilah Keluarga

Andika mengungkapkan, Wanjakti TNI juga melakukan penilaian bahwa apakah selama menjabat ada prestasi yang membuat seseorang itu layak menjabat Pangkostrad.

"Jabatan Pangdam itu sebetulnya adalah salah satu penilaian, aspek penilaian, apakah pada saat menjabat ini ada sesuatu yang kemudian membuat yang bersangkutan layak," terang dia.

Sebelumnya diberitakan, anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin meminta publik jangan fokus melihat sosok Pangkostrad baru Mayjen Maruli Simanjuntak dari silsilah keluarga.

Maruli sendiri merupakan menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Saya kira begini, kita jangan melihat fokus kepada dari keluarga mana dan sebagainya," kata Hasanuddin kepada awak media di Gedung DPR, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Hasanuddin juga menyatakan bahwa tidak unsur politis dalam penunjukkan Maruli sebagai Pangkostrad baru.

Baca juga: Tak Jadi Pangkostrad, Agus Subiyanto dan Nyoman Cantiasa Tetap Dapat Jabatan Letjen

Menurutnya, nama Maruli muncul sebagai Pangkostrad baru telah memenuhi prosedur yang baik dan benar.

"Sudah memenuhi prosedur yang benar, sudah ada Wanjakti (Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi TNI) dan Wanjakti-lah yang memutuskan itu," kata Hasanuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com