Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Gelar Rapat Pimpinan, Rumuskan Kebijakan Strategis

Kompas.com - 29/01/2020, 09:15 WIB
Achmad Nasrudin Yahya,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2020 yang berlangsung di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Tema yang diangkat bertajuk "Membangun TNI yang Kuat, Unggul, Maju dan Mandiri Guna Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Pokok", dengan tujuan meningkatkan profesionalitas, sinergi, dan soliditas.

"Tema tersebut saya nilai sangat tepat, sejalan dengan visi misi pemerintah maupun visi misi TNI yang akan saya sampaikan pada akhir rapim TNI," ujar Hadi saat membuka Rapim TNI Tahun 2020.

Baca juga: Panglima Ingatkan TNI-Polri Harus Bersinergi, Jangan Berebut Peran

Hadi menjelaskan, Rapim TNI bertujuan untuk memberikan informasi tentang kondisi yang menonjol berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas TNI pada 2019.

Dia mengatakan, dalam Rapim TNU juga terdapat evaluasi pelaksanaan program kerja Tahun Anggaran 2019.

Selain itu juga penyampaian rencana program kerja pada Anggaran Tahun 2020. Termasuk penyampaian pokok-pokok kebijakan Panglima TNI tahun 2020.

Hadi mengingatkan, Rapim TNI bukan sekadar ritual atau rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun tanpa makna dan output yang jelas.

Namun, Rapim TNI adalah forum tertinggi. Di mana para pemimpin TNI bertemu untuk membahas, merumuskan kebijakan, dan membicarakan kebijakan strategis untuk menghadapi tantangan ke depan. 

Menurutnya, pembahasan kebijakan tersebut akan dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis terkini, visi misi pemerintah, dan berbagai persoalan yang membutuhkan solusi

"Saya minta manfaatkan forum Rapim TNI ini untuk menguatkan jaringan komunikasi yang harmonis guna menyampaikan gagasan-gagasan yang cepat, menyamakan persepsi dan memantapkan soliditas, serta profesionalitas TNI," kata Hadi.

Baca juga: 7 Poin Sinergi TNI-Polri, Ini Isinya...

"Sehingga ke depan kita akan lebih optimal dalam meningkatkan keberhasilan pencapaian tugas pokok TNI," tegas Hadi.

Dalam pembukaan Rapim TNI Tahun 2020, Panglima TNI didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Adapun peserta rapim dihadiri 269 peserta yang terdiri dari 4 pimpinan TNI, 58 pejabat Mabes TNI, 44 TNI AD, 42 TNI AL, 28 TNI AU, dan 78 pejabat non struktural TNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com