Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo dan Sandiaga Juga Akan Tetap Sosialisasikan Visi Misi

Kompas.com - 07/01/2019, 13:33 WIB
Kristian Erdianto,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan tetap menggelar sosialisasi visi misi calon presiden dan calon wakil meski tak difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Wakil Ketua BPN Ahmad Muzani mengatakan, penyampaian visi misi akan dilakukan oleh langsung oleh Prabowo dan Sandiaga.

"Nanti akan ada penyampaian visi misi capres cawapres yang akan dilakukan oleh Pak Prabowo dan Pak Sandi," ujar Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Menurut Muzani, penyampaian visi misi secara langsung oleh capres dan cawapres harus tetap dilakukan agar masyarakat memahami secara keseluruhan.

Baca juga: KPU Batal Fasilitasi Sosialisasi Visi Misi Capres dan Cawapres

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui latar belakang kenapa visi misi tersebut ditawarkan oleh pasangan calon.

"Juga penting untuk mengukur seberapa jauh kemampuan seorang calon presiden dan wakil presiden dalam merespons satu masalah termasuk pilihan kata, pilihan kalimat, itu menjadi penting supaya masyarakat luas tahu," kata Muzani.

Namun demikian, kata Muzani, BPN belum menentukan waktu dan tempat terkait penyampaian sosialisasi visi misi tersebut. Ia hanya memastikan bahwa forum sosialisasi akan dilakukan sebelum debat tahap pertama pada 17 Januari 2019.

"Tapi tanggal persisnya kapan dan tempatnya di mana saya belum tahu," tutur Muzani.

Baca juga: Timses Jokowi Akan Gelar Sosialisasi Visi-Misi meski Tak Difasilitasi KPU

Sebelumnya diberitakan, rencana sosialisasi visi dan misi pasangan calon presiden dan wakil presiden tidak akan difasilitasi oleh KPU. Keputusan tersebut diambil berdasar kesepakatan antara KPU dengan tim kampanye pasangan calon melalui rapat bersama yang digelar pada Jumat (4/1/2019) malam.

Sosialisasi tetap akan dilakukan, tetapi oleh masing-masing tim kampanye.

"Sosialisasi visi-misi tadi malam juga sudah diputuskan, silakan dilaksanakan sendiri-sendiri tempat dan waktu yang mereka tentukan sendiri. Jadi, tidak lagi difasilitasi oleh KPU," kata Ketua KPU Arief Budiman saat ditemui di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

Tim kampanye juga dibebaskan dalam hal jumlah pelaksanaan sosialisasi visi misi pasangan capres-cawapresnya. 

Baca juga: Ketua Timses Jokowi Sebut Pembatalan Sosialisasi Visi-Misi Capres Disepakati Kedua Kubu

Keputusan ini diambil karena KPU kesulitan jika harus memfasilitasi keinginan kedua tim kampanye yang berbeda-beda.

Arief mengatakan, dalam beberapa kali rapat, pembahasan mengenai rencana sosialisasi visi misi capres-cawapres tidak juga menemui titik terang.

Ada hal-hal yang tak berujung pada kesepakatan antara kedua tim kampanye, baik waktu penyelenggaraan maupun pihak yang akan menyampaikan sosialisasi.

"KPU selalu mengatakan semua harus sepakat, kalau enggak, agak repot KPU. Karena masih punya ide yang beda, sosialisasi diputuskan dilakukan masing-masing paslon," ujar Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com