Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aburizal Minta Kader Golkar di Luar Tim Sukses Pilpres Fokus ke Pileg

Kompas.com - 24/09/2018, 13:57 WIB
Ihsanuddin,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pembina Partai Golongan Karya Aburizal Bakrie meminta mayoritas pengurus Golkar untuk fokus mengurus suara partai di pemilu legislatif 2019 mendatang dan tak perlu ikut memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres.

Menurut dia, urusan pilpres cukup ditangani kader yang berada dalam struktur tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Sementara pengurus DPP Partai Golkar dan para kader unsur Partai Golkar lainnya yang tidak tergabung dalam tim sukses Pilpres supaya berkonsentrasi penuh pada Pileg 2019," kata Aburizal dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/9/2018).

Aburizal menegaskan, perolehan kursi Partai Golkar dalam Pileg 2019 nanti akan menjadi cermin kehormatan Partai Golkar sebagai partai besar. Hasil itu juga akan menjadi ukuran posisi politik Partai Golkar dalam pemerintahan.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengingatkan agar seluruh jajaran partai beringin tetap solid menjelang pilpres dan pileg yang akan dilakukan secara serentak.

Baca juga: Airlangga: Paling Siap Hadapi Pemilu, Golkar Siap Menang

Soliditas itu, kata dia, diperlukan untuk menaikkan elektabilitas Partai Golkar dan menambah perolehan kursi legislatif dengan target mencapai kemenangan pada Pileg 2019.

"Sehubungan dengan itu, Dewan Pembina Partai Golkar memberikan arahan hendaknya DPP melalui Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) dapat segera melakukan konsolidasi dan mobilisasi total seluruh unsur keluarga besar Partai Golkar, termasuk para kader senior agar upaya pemenangan ini dapat berjalan efektif dengan hasil maksimal," ujar Aburizal.

Aburizal juga mengingatkan seluruh jajaran Golkar tetap kritis meskipun merupakan parpol pendukung pemerintah, terutama dalam menyikapi kondisi ekonomi belakangan ini.

Kompas TV Airlangga menambahkan, kader Partai Golkar banyak yang dipercaya menjadi Ketua TKN di daerah yang dinilai menjadi kunci perolehan suara Jokowi-Maruf Amin.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com