Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Ini Semua Tanda Cinta Bapak Jokowi kepada Ibu-ibu...

Kompas.com - 15/10/2017, 18:01 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memberikan lima unit bus kepada Pemerintah Kabupaten Magelang dan Temanggung, Jawa Tengah, untuk membantu akses transportasi, khususnya di bidang pendidikan.

Bus diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin dan Bupati Temanggung Sukarno, di GOR Gemilang, komplek kantor Pemkab Magelang, Minggu (15/10/2017).

Budi Karya mengatakan, bus-bus tersebut sebagai wujud perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap dunia pendidikan Indonesia yang sejauh ini masih terkendala akses transportasinya.

Menurut Budi, Jokowi melihat penduduk Magelang dan Temanggung begitu dinamis serta memiliki semangat membangun yang tinggi. Terutama semangat para guru, dan anak-anak didiknya.

Baca: Menhub Siap Bantu KPK Terkait Dugaan Suap Dirjen Hubla

"Jadi, nanti kalau anak-anak kita mau bertanding ke luar daerah pakai bus ini ya. Ibu-ibu dan Bapak-bapak guru kalau mau tamasya silakan dipakai," kata Budi, disambut sorak sorai ratusan guru dan tamu undangan yang hadir pada kegiatan penyerahan bus tersebut.

"Ini semua tanda cinta Bapak Jokowi kepada Ibu-ibu dan Bapak-bapak sekalian. Supaya kita lebih bersemangat bekerja dan berkarya," ujarnya.

Baca: Menhub: Di Semua Stasiun Akan Dibangun Rusun TOD

Budi mengatakan, saat ini Indonesia masih sedikit tertinggal dengan negara lain. Maka pemerintah terus berupaya membangun berbagai fasilitas dan insfrastruktur, di bidang transportasi hingga pendidikan.

"Semua ini demi meningkatkan daya saing Indonesia menjadi lebih baik," ujarnya.

Budi menyebutkan, sejauh ini pemerintah telah memberikan sekitar 300 bus untuk pendidikan di sejumlah daerah di Indonesia. Di samping untuk mempermudah akses transportasi masyarakat, pemberian ini sebagai wujud komunikasi antara pemerintah pusat dengan daerah yang terjalin baik.

Baca: Menhub Minta Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Melaju 140 Km Per Jam

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan apresiasi kepada Kemnhub yang telah memberikan moda transportasi kepada anak-anak sekolah di wilayahnya. Selain itu, Kemenhub juga memberikan bantuan fasilitas penerangan di sejumlah ruas jalan yang masih minim penerangan.

"Kami tentu berterima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan ini. Ini menjadi cambuk bagi kami untuk tidak putus asa, terus bersemangat dalam bekerja dan berkarya di bidang pendidikan. Lalu untuk bantuan penerangan sangat bermanfaat juga dunia pariwisata Magelang yang sedang menggeliat ini," ucap Zaenal.

Baca: 600 Bus Bantuan Kemenhub untuk DKI Beroperasi Bulan Ini

Di samping untuk mempermudah akses transportasi masyarakat dan yang terpenting adalah, komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah lancar.

Kompas TV Menhub Lakukan Kunjungan Kerja Pasca-Arus Balik Lebaran
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com