Sekjen Hanura Puji Khofifah, Sinyal Dukungan pada Pilkada Jatim? - Kompas.com

Sekjen Hanura Puji Khofifah, Sinyal Dukungan pada Pilkada Jatim?

Moh. Nadlir
Kompas.com - 12/10/2017, 17:42 WIB
Khofifah Indar ParawansahKOMPAS.com/Achmad Faizal Khofifah Indar Parawansah

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengklaim sudah mendapatkan dukungan empat parpol untuk maju sebagai calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018.

Selain Partai Nasdem yang sudah secara terbuka menyampaikan dukungannya, Khofifah juga mengaku sudah mendapat dukungan dari Partai Golkar, PPP, Partai Demokrat, dan Partai Hanura.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Jendral DPP Partai Hanura Sarifuddin Sudding tidak memberikan jawaban secara lugas. Namun, dia memuji keputusan Khofifah yang akan maju pada Pilkada Jatim.

"Kami menghargai ketika Khofifah mau maju dalam Pilkada Jatim. Saya kira beliau punya potensi yang baik dalam memimpin Jatim ke depan," kata Sudding di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Kamis (12/10/2017).

(Baca juga: Khofifah Klaim Didukung Demokrat, Golkar, PPP, dan Hanura)

Meski demikian, Sudding enggan mengakui bahwa pujian dan penilaiannya terhadap Khofifah tersebut adalah bentuk dukungan partainya.

"Saya katakan Hanura belum menetapkan calon di beberapa daerah, karena masih dalam proses di daerah. Sehingga kami menunggu laporan dari daerah," kata dia.

Dia hanya mengakui bahwa sejumlah calon di daerah, termasuk Jawa Timur sudah berkomunikasi dengan partainya.

"Saya kira semua calon sudah membangun komunikasi politik dengan Hanura. Kami juga sudah membangun komunikasi yang baik dengan pimpinan parpol yang ada. Ini masih cair dalam konteks untuk mengusung calon," tutur dia.

Sebelumnya, Khofifah mengaku sudah bertemu dengan ketua umum keempat parpol tersebut. Saat ditanya apakah keempat ketua umum parpol yang ditemuinya sudah menyatakan dukungan, Khofifah membenarkan.

"Ya Insya Allah seperti itu (sudah pasti mendukung)," kata Khofifah usai bertemu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

(Baca juga: Maju Pilkada Jatim, Khofifah Lapor Jokowi Setelah Dukungan Terkumpul)

Apabila digabungkan, maka dukungan Partai Demokrat, Golkar, PPP, Hanura dan Nasdem sudah membuahkan 35 kursi DPRD Jatim. Jumlah itu sudah jauh melewati batas minimum 20 kursi.

Khofifah mengatakan, apabila surat rekomendasi dari parpol tersebut sudah keluar, maka ia akan melapor ke Presiden Joko Widodo terkait jabatannya sebagai Mensos.

"Setelah ada hitam diatas putih, pasti saya akan lapor ke Presiden," kata dia.

Kompas TV Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengaku akan mengajukan pengunduran dirinya dari kabinet kerja Jokowi JK, setelah semua persiapan menuju pilkada 2018.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMoh. Nadlir
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM