Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Riza Chalid soal Pasangkan Jokowi-Hatta di Pilpres

Kompas.com - 03/12/2015, 05:58 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengusaha minyak Riza Chalid mengaku pernah mencoba memasangkan Joko Widodo dengan Hatta Rajasa menjelang Pemilu Presiden 2014 lalu.

Hal ini terungkap dalam rekaman yang diputar dalam sidang Mahkamah Kehormatan Dewan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2015) malam.

Percakapan itu dilakukan Riza saat bertemu Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin di sebuah hotel di Pacific Place, Jakarta, pada 8 Juni 2015.

Rekaman pertemuan inilah yang dijadikan bukti oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said untuk melaporkan Novanto yang diduga meminta saham PT Freeport dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Dalam rekaman itu, Riza mengatakan, upayanya mempersatukan Jokowi-Hatta gagal karena tak dapat restu dari Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Padahal, Jokowi setuju dipasangkan dengan Hatta. Akhirnya, Jokowi pun dipasangkan dengan Jusuf Kalla, sedangkan Hatta Rajasa berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Berikut kutipan rekaman percakapan tersebut:

MR (Muhammad Riza Chalid): Memperjuangkan dia itu capek sob. Segala macam cara, Pak Hendro ngomong sama Megawati waktu di Kebagusan. Belum saatnya. Dikira sekaligus. Belum, Pak. Saya itu baik, saya kasihan sama Pak Jokowi, saya akan bantu Pak Jokowi ke Hatta sebagai cawapres. Pak Jokowi sama Hatta mungkin Pak, tapi Mega-nya gak mau. Saya sama Hatta itu sahabat.

MS (Maroef Sjamsoeddin): Jokowinya mau, Pak?

MR: Jokowinya mau banget sama Hatta.

SN (Setya Novanto): Tahu-tahu pisah, pusing sudah terlanjur ke Pak Hatta.

MR: Tapi itu kan pengalaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com