Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Pusaka Resmi Diturunkan

Kompas.com - 17/08/2015, 18:31 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Upacara penurunan bendera merah putih telah selesai dilakukan, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). Bendera pusaka itu dikembalikan kepada Presiden Joko Widodo oleh tim Nakula Paskibraka yang bertugas pada upacara penurunan bendera. Upacara berlangsung khidmat dan tanpa kendala apapun.

Dimulai pada pukul 17.00 WIB dan berakhir sekitar 50 menit kemudian. Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir bersama sejumlah pimpinan lembaga negara dan pejabat negara lainnya.

Perwakilan kelompok masyarakat juga nampak lebih banyak pada upacara sore hari ini. Anggota paskibraka yang membawa baki bendera pusaka adalah Rani Noerinsan, siswi SMAN 3 Gorontalo.

Sedangkan bendera pusaka diturunkan oleh Daulat Halomoan Simatupang siswa SMAN 1 Lirik (Riau), Ricky Satria Pratama siswa SMAN 1 Seunagan (Aceh), dan Muhammad Faisal Sarlan siswa SMAN 1 Uepai (Sultra).

Kapten Kav Sahid Winagiri bertindak sebagai komandan paskibraka.

Sedangkan yang bertindak menjadi komandan upacara adalah Asisten Operasi Kepala Staf Kodam 6 Mulawarman, Kolonel Inf Bambang Trisno Hadi. Bambang adalah peraih penghargaan Adhi Makayasa Akademi Militer 1993.

Rangkaian peringatan HUT ke-70 kemerdekaan Republik Indonesia ini akan ditutup dengan jamuan makan malam kenegaraan di halaman tengah Istana Kepresidenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com