Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Reshuffle", Jokowi Disarankan Tak Isi Kementerian Ini dari Parpol

Kompas.com - 27/06/2015, 16:06 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Sekretaris BUMN Said Didu mengatakan, ada sejumlah kementerian yang sebaiknya diisi oleh kalangan profesional dan bukan berasal dari partai politik. Apa saja kementerian tersebut?

"Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pendidikan, Kementerian Sosial, dan Kementerian ESDM," kata Said dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (27/6/2015).

Ia menjelaskan, sejumlah kementerian yang ia sebutkan itu memiliki kaitan langsung dengan hajat hidup orang banyak sehingga apabila dipegang oleh politisi partai politik, akan dimanfaatkan untuk tujuan tertentu. "Kementerian itu sebaiknya jangan dipimpin parpol karena rawan dibelokkan," ujarnya.

Beberapa waktu terakhir, isu perombakan kabinet atau reshuffle memang sempat mencuat ke publik. Said pun mengusulkan agar Presiden Joko Widodo menetapkan terlebih dahulu kriteria apa yang ia inginkan untuk setiap calon menteri.

"Setelah memiliki kriteria, baru dilempar ke parpol kriterianya untuk dicari apakah ada yang sesuai atau tidak," ujarnya.

Baca juga: Isu "Reshuffle" Kabinet Masuk Radar Pasar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com