Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud: Presiden SBY Konsisten di Dunia Seni

Kompas.com - 09/08/2014, 03:59 WIB
CIANJUR, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merupakan sosok yang sangat konsisten dalam mencintai dunia seni.

"Saya ingin menegaskan Bapak Presiden sangat konsisten (dalam mencintai dunia seni)," kata Mohammad Nuh dalam acara Silaturahim Presiden dengan Seniman dan Budayawan di Istana Cipanas, Jumat (8/8/2014) malam.

Menurut Nuh, banyak orang yang mencintai dunia seni dan musik hanya pada musim pemilu. Tetapi, Presiden Yudhoyono selalu memberikan dukungan yang luar biasa kepada seni dan budaya.

Ia berpendapat bukti dari kecintaan Presiden adalah dukungannya terhadap penyelenggaraan Lomba Cipta Seni Nasional yang telah berlangsung selama 9 tahun. Sabtu (9/8) besok, lomba itu akan digelar kembali di Istana Cipanas.

Mendikbud memaparkan, ajang Lomba Cipta Seni Nasional itu juga telah melahirkan bibit-bibit yang bila terus dipupuk akan menjadi maestro budayawan generasi selanjutnya.

Mendikbud menuturkan sosok Presiden Yudhoyono memiliki kelengkapan dalam tiga dimensi yaitu logika, etika, dan estetika, yang masing-masing mewakili kebenaran, kebaikan dan keindahan.

"Beliau memiliki tiga dimensi itu secara utuh," kata Nuh.

Mendikbud juga mengingatkan bahwa Yudhoyono merupakan seorang militer yang telah mencapai posisi jenderal, seorang doktor di dunia pendidikan, dan juga seorang kepala negara yang terpilih sebanyak dua periode berturut-turut.

Sementara itu, penyair Taufiq Ismail menyatakan perhatian Presiden terhadap seni sangatlah besar dan dirinya bersyukur memiliki kepala negara yang memiliki apresiasi seni yang sedemikian besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com