Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Anggap Biasa Rencana Pergantian KSAD

Kompas.com - 22/07/2014, 10:28 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku belum mengetahui kepastian pergantian Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang kini dijabat Jenderal TNI Budiman. Menurut Moeldoko, kemungkinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengeluarkan surat keputusan pergantian KSAD hari ini.

"Mungkin hari ini akan keluar keputusan presiden," kata Moeldoko seusai apel siaga dalam rangka pengamanan Pilpres 2014 di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Moeldoko menegaskan, tidak ada yang istimewa dalam proses pergantian jabatan di dalam tubuh TNI. Begitu pula, kata dia, dalam pergantian KSAD. Budiman semestinya baru pensiun pada September 2014.

"Kemarin Pak Parno pensiun dari KSAL setahun sebelumnya, lalu Pak Tedjo juga," katanya.

Ia memastikan bahwa pergantian Budiman tidak akan mengganggu perkembangan TNI AD ke depan. Pasalnya, TNI telah menyiapkan pengganti Budiman yang memiliki kemampuan baik. Nama-nama calon KSAD, kata Moeldoko, telah diserahkan kepada Presiden pada Senin (21/7/2014).

"TNI tersusun dalam rantai komando yang kuat. Jadi, kalau Panglima TNI dan kepala staf ganti setiap saat tidak masalah," ujarnya.

Ada tiga nama yang telah diajukan Moeldoko sebagai pengganti Budiman. Mereka adalah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Gatot Nurmatyo, Wakil KSAD Letjen M Munir, dan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Letjen Waris. (baca: Panglima Ajukan Tiga Nama Pengganti KSAD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com