Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komite Konvensi Demokrat Umumkan Dana Sebelum 15 September

Kompas.com - 27/08/2013, 15:56 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komite Konvensi calon presiden Partai Demokrat Effendi Gazali menyatakan, dana Konvensi Partai Demokrat sudah harus diumumkan sebelum 15 September 2013. Keputusan tersebut diambil dari hasil diskusi ketika Komite melakukan prakonvensi dengan peserta Anies Baswedan.

"Jadi dalam diskusi prakonvensi tadi, sudah didiskusikan juga kalau dana Konvensi Partai Demokrat ini sudah harus diumumkan sebelum 15 September 2013," kata Effendi.

Pengumuman itu, menurut Effendi, termasuk informasi donatur dan besaran sumbangan yang diberikannya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Anies. "Di dalam tadi saya sempat menanyakan berapa dan darimana dana untuk konvensi ini, semuanya harus transparan," kata Anies.

Selama ini, Partai Demokrat masih belum buka-bukaan terkait dana konvensi. Wakil Ketua Komite Konvensi Taufiequrachman Ruki mengaku belum tahu sumber dana pembiayaan konvensi yang diperkirakan mencapai Rp 50 miliar.

Komite juga belum menerima dana dari Partai Demokrat. Sementara itu, sejumlah petinggi Partai Demokrat, seperti Ketua Harian Syariefuddin Hasan dan Sekretaris Majelis Tinggi Jero Wacik, hanya mengatakan, dana penyelenggaraan konvensi berasal dari sumber-sumber yang halal dan tak akan membebani peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com