Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksi KPU Ungkap Sirekap Diserang DDOS Saat Hari Pemilihan dan Final Rekapitulasi

Kompas.com - 03/04/2024, 14:34 WIB
Ardito Ramadhan,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yudistira Dwi Wardhana, mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut kerap menerima serangan distributed denial-of-service (DDoS) pada hari pemungutan suara hingga hari terakhir rekapitulasi suara.

Hal ini disampaikan Yudistira ketika dihadirkan sebagai saksi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam sidang lanjutan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), Rabu (3/4/2024).

"DDoS yang masuk dalam satu hari itu di awal pemilihan itu sekitar dua atau tiga. Pada waktu akhir rekapitulasi kemarin itu kita dapat DDoS itu selama seminggu itu kayak minum obat, tiga kali sehari," kata Yudistira, Rabu.

Baca juga: Sidang MK, Pengembang Bantah Server Sirekap Berada di Luar Negeri

Yudistira menuturkan, serangan DDoS inilah yang mengakibatkan tidak ada perubahan data di situs Sirekap pada 14 Februari 2024 petang hingga malam, ketika pemungutan suara baru selesai.

Ia menyebutkan, Sirekap sesungguhnya sudah menerima data pada pukul 11.04 WIB dari tempat pemungutan suara yang terletak di Sorong, tetapi data-data lain baru masuk selepas pukul 18.30 WIB.

"Sebagaimana keterangan pers yang kami beri, kita dihantam DDoS sejak pagi, dan baru kita bisa revive sampai 18.30 WIB," kata Yudistira.

Setelah masalah DDoS selesai ditangani, Yudistira mengeklaim data yang masuk langsung melonjak.

Baca juga: Dulu Membentak, Kini Hakim MK Arief Hidayat Puji Bambang Widjojanto Lebih Sabar

"Biasanya yang masuk itu orde-nya biasanya cuma 100 atau 200 per menit, lalu begitu kita beres dengan urusan DDoS, langsung naik datanya," kata dia.

Yudistira mengatakan, pihaknya segera mengatasi persoalan tersebut karena petugas di daerah juga harus memasukkan data yang mereka dapat secepat mungkin.

"Harus punya banyak perjuangan dari kawan-kawan sampai akhirnya ada tuduhan-tuduhan kita menggunakan ini itu ini itu, ya enggak apa-apa yang penting 18.30 rekan-rekan itu bisa naik," ujar Yudistira.

Yudistira pun mengeklaim, serangan tersebut tidak banyak berpengaruh terhadap proses rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com