Kompas.com - 01/09/2022, 16:06 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta perguruan tinggi untuk ikut merespons persoalan pangan yang menjadi krisis dalam beberapa waktu terakhir.

Ia mengatakan, perguruan tinggi mesti menciptakan ekosistem bagi tumbuhnya kreativitas dan inovasi, ikut mendorong percepatan hilirisasi industri, serta mencetak lebih banyak technopreneur dan sociopreneur.

"Persoalan pangan, persoalan pertanian harus menjadi fokus perhatian kita semua. Perguruan tinggi harus merespons tantangan ini," kata Jokowi saat memberikan sambutan di acara Dies Natalis ke-59 Institut Pertanian Bogor secara virtual, Kamis (1/9/2022).

Secara khusus, Jokowi berpesan agar IPB menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan masalah pangan dan pertanian di Tanah Air.

Baca juga: Soal Kenaikan Harga BBM Subsidi, Jokowi: Masih Dihitung dengan Hati-hati

Ia mengatakan, IPB harus menghasilkan lebih banyak inovasi dan kontribusi bagi bangsa, serta mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan pangan.

Menurut Jokowi, potensi besar di sektor pangan harus dikembangkan lebih optimal untuk menghasilkan produk-produk substitusi impor yang kompetitif dan berdaya saing.

"Sumber-sumber pangan lokal harus dikembangkan. Kurangi ketergantungan pada satu jenis komoditas pangan tertentu. Ciptakan kemandirian pangan di setiap daerah di berbagai wilayah Indonesia," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Sebut Teknologi 5G Smart Mining Cegah Risiko Kecelakaan Kerja

Ia mengingatkan, saat ini semua negara di dunia dihadapkan pada ujian yang sama yakni dinamika geopolitik yang berdampak pada krisis pangan, energi, dan finansial.

Mantan wali kota Solo itu menyebutkan, krisis kemanusiaan ada di depan mata di mana 345 juta penduduk di 82 negara mengalami kerawanan pangan yang sangat serius.

"Kenaikan indeks harga pangan global mencapai rekor tertinggi. Biaya logistik di jalur laut meningkat 3 kali lipat, meningkatnya biaya produksi pupuk yang berdampak pada peningkatan biaya produksi pangan dan pertanian," ujar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.