Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Minta Pemanfaatan SDA Tetap Jaga Kelestarian Lingkungan

Kompas.com - 19/05/2022, 16:34 WIB
Ardito Ramadhan,
Krisiandi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar pemanfaatan sumber daya alam dalam hilirisasi industri pertambangan harus tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tidak merusak alam.

Hal ini disampaikan Ma'ruf saat melakukan peletakan batu pertama Kawasan Indsutri PT Nusantara Industri Sejati (NIS) di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Kamis (19/5/2022).

"Saya pesankan memang supaya ini dilakukan dengan cara-cara yang tetap menjaga kelestarian (alam), menjaga keberlanjutan jangan sampai merusak lingkungan," kata Ma'ruf, dikutip dari keterangan video, Kamis.

Baca juga: Wapres Maruf Amin: Perdamaian di Aceh Harus Dijaga

Ma'ruf juga berpesan agar kegiatan eksplorasi pertambangan dilakukan secara terukur supaya tetap ada keberlangsungan untuk generasi yang akan datang.

"Tidak menghabiskan untuk generasi sekarang tapi juga memperhatikan generasi yang akan datang," ujar dia.

Baca juga: Wapres: Indonesia Butuh Lompatan Produktivitas Berbasis Iptek dan Inovasi

Di samping itu, Ma'ruf juga meminta agar proses hilirisasi industri memanfaatkan tenaga kerja lokal demi menyejahterakan masyarakat setempat.

Untuk itu, ia meminta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah untuk membantu menyiapkan tenaga kerja berkualitas yang dapat mendukung pelaksanaan hilirisasi industri.

"Sehingga nanti masyarakat khususnya di Sulawesi Tenggara bisa bekerja dan bisa berpartisipasi, tidak hanya menjadi penonton dalam pembangunan industri di wilayahnya," ujar Ma'ruf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com