Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 26 April Hari Memperingati Apa?

Kompas.com - 25/04/2022, 23:00 WIB
Issha Harruma

Penulis

 

 


KOMPAS.com – Tanggal 26 April 2022 jatuh pada hari Selasa. Pada hari ini, terdapat Hari Peringatan Bencana Chernobyl Internasional.

Selain itu, ada juga hari penting lain hari ini. Berikut beberapa peringatan dan perayaan yang jatuh pada 26 April 2022.

Hari Peringatan Bencana Chernobyl Internasional

Kecelakaan nuklir terburuk sepanjang sejarah terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl pada 26 April 1986.

Chernobyl terletak di Ukraina, yang dulu merupakan bagian dari Uni Soviet. Bencana ini disebabkan oleh lonjakan energi yang menyebabkan ledakan dan kebakaran.

Akibatnya, terjadi kebocoran radiasi yang signifikan. Isotop radiokatif yang dilepaskan akibat kecelakaan ini 30 kali lebih tinggi dibanding ledakan bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, pada 1945.

Sebagian besar wilayah Eropa terkena dampak karena paparan radiasi. Sekitar 8,5 juta orang terpapar radiasi dan sekitar 500 ribu orang meninggal karena efek rasiasi dari kecelakaan ini.

Dampak semakin besar karena Uni Soviet menutupi insiden ini. Data polusi akibat kejadian tersebut disembunyikan sampai tahun 1989.

Baca juga: Alami Ledakan Nuklir, Kenapa Hiroshima-Nagasaki Bisa Dihuni, tapi Chernobyl Tidak?

Tragedi ini pun memengaruhi kehidupan banyak orang di seluruh Eropa hingga hari ini. Daerah yang terkena bencana Chernobyl bahkan baru layak ditinggali 150 tahun lagi.

Untuk memperingati kejadian ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kemudian menetapkan tanggal 26 April sebagai Hari Peringatan Bencana Chernobyl Internasional.

Selain agar publik mengetahui sejarah tragedi Chernobyl dan dampak yang ditimbulkan, hari peringatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan edukasi agar kejadian serupa dapat dicegah di masa depan.

Hari Kekayaan Intelektual Sedunia

Hari Kekayaan Intelektual Sedunia diperingati setiap tanggal 26 April. Hari ini ditetapkan oleh organisasi kekayaan intelektual dunia atau WIPO sejak tahun 2000.

Tujuan adanya hari ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang kekayaan intelektual dan kesadaran akan pentingnya hal tersebut.

Kekayaan intelektual merupakan kekayaan yang lahir dari kemampuan akal dan pikiran manusia berdasarkan ilmu pengetahuan.

Karya yang lahir dari kemampuan intelektual manusia di antaranya di bidang seni, sastra, teknologi, pengetahuan, dan lain-lain.

Baca juga: Jenis-Jenis Hak Kekayaan Intelektual dan Contohnya

Hari Kesiapsiagaan Bencana

Di Indonesia, tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana. Tanggal ini dipilih karena merupakan tanggal ditetapkannya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Tujuan dari ditetapkannya Hari kesiapsiagaan Bencana adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan bencana seluruh lapisan masyarakat.

Berbagai kegiatan akan digelar dalam memperingati hari ini, termasuk sosialisasi dengan melibatkan tokoh masyarakat ataupun melalui media massa.

Selain itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga mengajak masyarakat untuk latihan evakuasi mandiri yang ditandai dengan dibunyikannya kentongan, sirine atau lonceng secara serentak pada 26 April 2022 pukul 10.00 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com