Kompas.com - 25/04/2022, 14:13 WIB
Penulis Irfan Kamil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeklaim telah mengantongi sejumlah nama calon penjabat (Pj) Kepala Daerah untuk mengisi jabatan Gubernur/Bupati/Wali Kota yang masa jabatannya bakal berakhir di tahun 2022.

Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro menyatakan, telah menerima beberapa usulan nama untuk mengisi 101 jabatan kepala daerah yang jabatannya bakal berakhir tersebut.

Ia mengatakan, untuk jabatan setingkat Bupati dan Wali Kota, Kemendagri telah mendapatkan usulan nama dari Gubernur yang kini masih menjabat di wilayah tersebut.

Baca juga: Mengenal Penjabat Kepala Daerah: Apa Tugas, Wewenang, dan Larangannya?

"Sudah (dikantongi nama-nama pejabat tersebut), sisa sembilan, nanti lah namanya, artinya masih ada Gubernur yang belum mengusulkan, sudah banyak juga Gubernur yang mengusulkan," ujar Suhajar ditemui di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (25/4/2022).

Suhajar menjelaskan, dalam menetapkan penjabat kepala daerah setingkat Gubernur terdapat mekanisme dan aturan yang sudah ditetapkan Kemendagri.

Baca juga: Ini Daftar 7 Gubernur yang Habis Masa Jabatan pada 2022

Untuk nama calon yang akan mengisi jabatan Gubernur itu, nantinya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bakal mengusulkan dan membahasnya bersama dengan Presiden Joko Widodo.

Presiden, kata Suhajar, akan mengeluarkan keputusan presiden (Keppres) terkait siapa calon yang diusulkan Mendagri untuk menjabat sebagai pejabat Gubernur itu.

Baca juga: Jokowi Minta Pemerintah Cari 101 Penjabat Kepala Daerah yang Berkualitas

"Mekanismenya sudah ada ya, aturan-aturannya sudah jelas, untuk Gubernur nanti Menteri Dalam Negeri akan melapor kepada Pak Presiden, mengusulkan kepada Pak Presiden, berdiskusi dengan Pak Presiden, meminta arahan bapak Presiden" kata Suhajar.

"Nanti penetapan Gubernur, tentunya dengan keputusan Presiden untuk Pj gubernurnya," ucap dia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro saat ditemui di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (25/4/2022).KOMPAS.com / IRFAN KAMIL Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro saat ditemui di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (25/4/2022).

Dalam waktu dekat, 5 Gubernur akan habis masa jabatannya pada 15 Mei mendatang.

Mereka adalah Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Sulawesi Barat Muhammad Ali Baal Masdar, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Namun, Sekjen Kemendagri itu enggan menyebut siapa nama calon pejabat yang akan mengisi posisi Gubernur di lima provinsi tersebut. Suhajar memastikan, pihaknya tengah memproses nama calon pejabat tersebut.

"Lima Gubernur itu yang mengusulkan itu Menteri Dalam Negeri, masih dalam proses," tuturnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.