Kompas.com - 03/02/2022, 15:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar tidak mempersoalkan adanya permohonan judicial review terhadap Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Muhaimin mempersilakan masyarakat untuk mengajukan judicial review karena hal itu merupakan hak konstitusional warga negara.

"Memang hak konstitusional warga negara adalah mengajukan itu. Silakan saja," kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/2/2022), dikutip dari Tribunnews.com.

Baca juga: Belum Genap Sebulan Disahkan, Kini UU IKN Digugat ke MK

Namun, Muhaimin memastikan, DPR dan pemerintah punya pembelaan dalam menghadapi judicial review tersebut.

"Tentu DPR dan pemerintah akan menyiapkan argumen-argumen," ujar ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Diberitakan, 12 orang yang tergabung dalam Poros Nasional Kedaulatan Negara (PNKN) megajukan gugatan permohonan uji formil UU IKN ke MK pada Rabu (2/2/2022).

Mereka yang tergabung dalam PNKN antara lain eks penasihat KPK Abdullah Hehamahua, eks anggota DPD Marwan Batubara, dan politikus Agung Mozin.

"Memohon kepada majelis hakim untuk memeriksa dan memutus, menyatakan UU IKN bertentangan dengan UUD 1945 oleh karenanya tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat," demikian bunyi petitum dalam permohonan tersebut, dikutip Kompas.com.

Baca juga: UU IKN Digugat ke MK, Faldo Maldini: Promosi Gratis Ibu Kota Baru

Para pemohon berpendapat, UU IKN bertentangan dengan asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan.

UU IKN dinilai tidak disusun dan dibentuk dengan perencanaan yang berkesinambungan, dari dokumen perencanaan pembangunan, perencanaan regulasi, perencanaan keuangan negara, dan pelaksanaan pembangunan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.