Sudah Jalani Operasi Pengangkatan Prostat, SBY Kini Jalani Pemulihan

Kompas.com - 23/11/2021, 11:44 WIB
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjalani pemulihan di Rochester, Amerika Serikat, setelah melakukan operasi pengangkatan prostat terkait penyakit kanker prostat yang diidapnya.

"Saat ini pascatindakan medis ini, pasca-major surgery, saya masih melakukan pemulihan atau recovery setelah operasi besar itu yang saya lakukan di Rochester, hari ini saya juga melakukan kontrol," kata SBY dalam video yang diunggah akun Instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

SBY mengatakan, operasi pengangkatan prostat yang ia alami telah berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan ekspektasi tim dokter dan harapannya sendiri.

Baca juga: SBY: Berkat Pertolongan Tuhan dan Doa Masyarakat Indonesia, Saya Telah Jalani Operasi Besar

SBY menyebutkan, sejauh ini tim dokter menilai kondisi kesehatannya sesuai dengan perkiraan.

"Pasca-tindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami ini sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya," ujar dia.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu pun menjelaskan, operasi besar yang ia jalani memiliki sejumlah risiko, terlebih di usianya yang ke-72 tahun membuat risiko itu bertambah besar.

Keputusan untuk melakukan operasi diambil setelah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia, khususnya tim dokter kepresidenan, yang menyatakan bahwa tindakan operasi merupakan tindakan yang palling tepat.

Baca juga: SBY Ucapkan Terima Kasih pada Dua Dokter Urologi, Ahli Jantung dan Tim Dokter Kepresidenan atas Pengobatan Kanker Prostat di AS

Ia mengatakan, pihak Mayo Clinics juga berpendapat sama setelah melihat hasil patologi kanker yang berada di tubuhnya.

"Mereka juga memiliki optimisme bahwa pada saatnya apa yan saya alami ini bisa diatasi dan bisa kembali normal," kata SBY.

SBY mengatakan, ia akan patuh menjalani prosedur yang harus ia jalani sebagai pasien pasca-operasi.

Baca juga: SBY Ke Megawati: Terima Kasih atas Perhatian, Kepedulian, dan Doa Baiknya...

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.