Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Sudah Putuskan soal Ibadah Haji, Pimpinan DPR Harap Polemik di Masyarakat Berhenti

Kompas.com - 14/06/2021, 13:04 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad berharap polemik mengenai batalnya penyelenggaraan ibadah haji 2021 segera diakhiri.

Dasco mengatakan, pemerintah Arab Saudi telah menyatakan membatasi penyelenggaraan ibadah haji untuk jemaah luar Saudi sehingga seharusnya tak perlu lagi jadi perdebatan di Indonesia.

"Kalau kita lihat kan, tidak ada satupun negara yang diberikan kuota haji. Sehingga, saya harap spekulasi apapun yang berkembang di masyarakat tentang masalah haji ini agar diakhiri," kata Dasco dalam pernyataan video yang diterima Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Dasco berpandangan, akan lebih baik apabila semua pihak sama-sama berkonsentrasi dengan penanganan pandemi Covid-19.

Baca juga: 4 Fakta Haji 2021: Kuota 60.000, Jenis Vaksin, hingga Syarat Jemaah

Menurutnya, keputusan pemerintah Arab Saudi untuk membatasi kuota ibadah haji hanya untuk masyarakat Saudi dan ekspatriat sudah melalui perhitungan yang matang.

"Saya pikir keputusan pemerintah Arab Saudi itu adalah hak pemerintah Arab Saudi. Dan itu mungkin sudah diperhitungkan dengan matang di masa pandemi," ujarnya.

Ia menilai, keputusan itu diambil Arab Saudi juga untuk keselamatan masyarakat Arab Saudi maupun para calon jemaah dari luar.

Hal itu dinilai menjadi pertimbangan mengapa pemerintah Arab Saudi kemudian memutuskan bahwa kuota haji diberikan hanya untuk jemaah asal Arab Saudi dan ekspatriat yang sudah menetap di sana.

"Dengan situasi pandemi ini, menjadi pertimbangan pemerintah Arab Saudi untuk kemudian tidak memberikan kuota haji kepada negara-negara di luar Saudi, kecuali yang memang sudah ada di dalamnya," tutur dia.

Baca juga: Kemenlu Pastikan Ibadah Haji 2021 Hanya untuk Orang-orang yang Tinggal di Arab Saudi

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan skema haji 1442 Hijriah atau 2021 Masehi hanya untuk warga negara Arab Saudi dan warga negara asing atau ekspatriat yang ada di negara itu.

"Pemerintah Saudi mengumumkan haji hanya dibuka untuk domestik dan ekspatriat saja. Dengan menimbang keselamatan dan keamanan jemaah dari ancaman Covid-19 yang belum reda," kata kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sebagai dikutip dari laman resmi Kemenag, Sabtu (12/6/2021).

Menurut Yaqut, pemerintah Arab Saudi mempertimbangkan keselamatan dan keamanan jemaah dalam menggelar ibadah haji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com