Kompas.com - 16/05/2021, 18:27 WIB

KOMPAS.com – Menteri Sosial Tri Rismahini mengatakan, penyandang disabilitas fisik Gading Ogi Saputra (17) yang sempat viral di media sosial menginspirasi banyak pihak, bukan hanya sesama penyandang disabilitas, untuk hidup mandiri.

Oleh sebab itu, Kementerian Sosial (Kemensos) yang memiliki peran memberdayakan penyandang disabilitas agar tetap produktif, mandiri, serta tidak bergantung pada orang lain pun mengapresiasi semangat Gading.

Apresiasi tersebut diberikan dalam bentuk Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) berupa modal usaha dan sepeda motor roda tiga elektrik. Motor seharga Rp 19,5 juta tersebut dapat digunakan sebagai kendaraan usaha oleh Gading.

Usai berbincang dan menyerahkan motor roda tiga tersebut, Risma mengatakan bahwa pihaknya juga akan membantu Gading membuka usaha berjualan lontong dari segi permodalan.

“Tadi sudah diserahkan bantuan motor roda tiga, alat, dan permodalan,” ujar Risma  menyerahkan sepeda motor roda tiga kepada Gading di Pekalongan, menurut rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (16/5/2021).

Sebagai informasi,  tahun ini, ada 490 motor roda tiga yang diberikan kepada penyandang disabilitas oleh Kemensos.

Baca juga: Tahun 2021, Kemensos Targetkan Berdayakan 2.500 KK Warga Komunitas Adat Terpencil

“Banyak alat bantu bagi penyandang disabilitas karena dirasiblitas juga banyak ragamnya rungu dan netra, seperti tongkat dengan multisensor,” tambah Risma.

Program ini merupakan upaya Kemensos untuk hadir di tengah-tengah masyarakat. Kemensos tidak hanya hadir bagi masyarakat di lokasi bencana alam dan sosial, tetapi juga bagi penyandang disabilitas.

Risma tidak sendirian saat menyerahkan motor roda tiga tersebut. Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Kepala Kejaksaan Negeri Pekalongan Abun Hasbullah Syambas, Sekretaris Daerah Bambang Irianto, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat, serta Staf Khusus Menteri (SKM) turut hadir mendampingi.

Tak lupa sedekah dan selalu semringah

Gading sendiri sudah dua tahun menjalani usaha berjualan makanan dan minuman ringan kemasan dengan berkeliling menggunakan sepeda roda tiga sederhana rakitannya.

Dia berjualan mulai pukul 16.00-23.00 WIB di sekitar Alun-alun Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Gading menyandang disabilitas fisik sejak lahir dan mengalami perlambatan perkembangan fisik yang mengakibatkan kedua kakinya tidak berfungsi wajar. Akibatnya, dia berjalan merangkak dibantu dengan kedua tangannya.

Baca juga: Mensos Risma Minta UPT Adopsi Teknologi Terbaru untuk Dukung Kemandirian Penerima Manfaat

Kini, Gading memiliki lapak sendiri di rumahnya yang dinamakan Lapak Gading Berkah yang dikelola ayah dan ibunya. Lapak tersebut dibuat karena kedua orangtua Gading tidak ingin putranya terus berjualan keliling.

Usaha kerasnya membuahkan hasil menyentuh Rp 500.000 per hari. Gading menghitung dan mencatat sendiri pendapatannya di gawai pintarnya. Gading juga selalu mencatat jika ada barang jualan yang habis dan perlu segera dibeli.

Meski memiliki keterbatasan, Gading dikenal suka membantu dan rajin bersedekah. Ia tak pernah lupa ibadah serta selalu bergembira dalam kondisi apa pun.

Cita-citanya memiliki motor roda tiga elektrik telah terwujud saat ini. Bahkan, motor tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Sosial.

Baca juga: Peduli Penyandang Disabilitas, Mensos Risma Salurkan Bantuan Orthosis dan Sembako

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.