Kompas.com - 31/03/2021, 11:34 WIB
Indonesian Foreign Ministr Retno Marsudi speaks during a virtual informal meeting with foreign ministers and representatives of the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), in Jakarta, (2/3/2021) ReutersIndonesian Foreign Ministr Retno Marsudi speaks during a virtual informal meeting with foreign ministers and representatives of the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), in Jakarta, (2/3/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar (Menlu) Negeri Retno Marsudi mengatakan, pihaknya bertukar pendapat dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Kono Taro terkait penanganan pandemi Covid-19 di kedua negara.

Hal tersebut dilakukan saat Retno melakukan kunjungan bilateral ke Tokyo, Jepang, Selasa (30/3/2021).

Retno mengatakan, pertukaran pendapat itu dilakukan karena Kono Taro juga merupakan menteri yang diberi tugas untuk vaksinasi Covid-19 di Jepang.

"Kami melakukan compare notes (bertukar pendapat) mengenai situasi penanganan pandemi di kedua negara dan dunia termasuk program vaksinasi di kedua negara," kata Retno dalam konferensi pers usai pertemuan.

Baca juga: Pertemuan Menlu RI dan Jepang, Bahas soal Investasi hingga Proyek Infrastruktur

Retno mengatakan, Indonesia dan Jepang sepakat bahwa vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar masyarakat dunia untuk segera keluar dari pandemi Covid-19.

Namun dalam pelaksanaannya, tantangan program vaksinasi tersebut masih sangat besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Oleh karena itu diperlukan kerja sama terutama dalam merealisasikan kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua negara," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Retno juga menyampaikan bahwa Indonesia prihatin dengan pembatasan vaksin Covid-19 yang terjadi saat ini.

Sebab, kata dia, hal tersebut dapat menghambat pemulihan pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung setahun ini.

Baca juga: Indonesia-Jepang Segera Sepakati Kerja Sama soal Transfer Alutsista

Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk terus mendukung vaksin multilateralisme dan mendukung kerja fasilitas Covax.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.