Kompas.com - 30/03/2021, 13:56 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menggelar pertemuan dengan Menhan Jepang Nobuo Kishi di Tokyo, Jepang, pada Minggu (28/3/2021) waktu setempat. Twitter @dahnilanzarMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menggelar pertemuan dengan Menhan Jepang Nobuo Kishi di Tokyo, Jepang, pada Minggu (28/3/2021) waktu setempat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Jepang disebut akan menyepakati kerja sama terkait transfer alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan teknologi dalam waktu dekat.

Kesepakatan itu kemungkinan akan terealisasi dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi dan Menteri Pertahanan Nobuo Kishi di Tokyo, Selasa (30/3/2021) sore waktu setempat.

"Kesepakatan transfer alutsista dan teknologi tersebut pada prinsipnya akan disepakati pada saat para menteri luar negeri dan pertahanan Jepang dan Indonesia bertemu di Tokyo pada sore hari," dikutip dari Kyodo News, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Prabowo Bertemu Menhan Jepang, Bahas Isu Keamanan Regional dan Kerja Sama Pertahanan

Sebelum pertemuan, Retno dan Prabowo lebih dahulu bertemu Perdana Menteri Yoshihide Suga, sekitar pukul 10.40 waktu setempat.

Suga berharap pertemuan itu dapat melahirkan pakta yang menjadi dasar kerja sama keamanan lebih lanjut antara Indonesia dan jepang.

"Untuk mewujudkan visi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, saya ingin meningkatkan kerja sama khusus," kata Suga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Prabowo Tiba di Tanah Air Besok Setelah Bertemu Menhan Jepang

Sebelumnya, Suga telah mengunjungi Indonesia pada Oktober 2020. Kunjungan tersebut merupakan perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjabat.

Saat itu, ia bersepakat dengan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan negosiasi menuju kesepakatan tersebut.

Jepang telah menandatangani kesepakatan serupa dengan Inggris, Perancis, Jerman, India, Italia, Filipina, dan Amerika Serikat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.