Kompas.com - 07/12/2020, 16:08 WIB

KOMPAS.com - Dewan Pembina Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Lilik Umi Nasriyah mengatakan, wanita sejatinya memiliki tugas berat karena menjadi tiang negara dan pendidik nomor satu dalam keluarga.

“Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, bahwa wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya maka baiklah negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pula negaranya,” jelasnya, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal tersebut dikatakan Lilik Umi Nasriyah saat memperingati hari ulang tahun (HUT) DWP yang ke-21 di Opperational Room Kantor Kemendes PDTT, Senin (7/12/2020).

Perayaan ulang tahun DWP kali ini pun mengusung tema ‘Peran Dharma Wanita Persatuan dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia.

Baca juga: Beri Kuliah Umum, Kemendes PDTT Paparkan agar BUMDes Tidak Ganggu Ekonomi Warga

Berkaca dari tema itu, Lilik pun meminta wanita khususnya ibu-ibu tidak boleh gagal teknologi (gaptek) pada era teknologi yang serba digital sekarang.

"Mereka harus bisa mengontrol anak-anak, harus bisa update dengan informasi yang ada, dan terus melakukan pengembangan diri,” lanjutnya.

Lilik menekankan karena memiliki tanggung jawab berat sebagai pendidik utama dalam keluarga, maka eksistensi wanita tidak boleh disepelekan.

Untuk itu, DWP Kemendes PDTT sebagai mitra strategis pemerintah terus mewujudkan pembangunan nasional dan mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang ramah terhadap perempuan.

Salah satunya adalah melalui program SGDs desa ramah perempuan. Program yang gencar dilaksanakan ini sejalan dengan tujuan pembangunan nasional yang selalu dicanangkan Indonesia.

Umi Lilik berharap DWP Kemendes PDTT bisa terus semangat untuk memberdayakan wanita-wanita di Indonesia dalam mewujudkan ketahanan keluarga Indonesia.

Baca juga: Kemendes PDTT Raih Predikat Kementerian yang Informatif, Begini Respon Gus Menteri

“Semoga ke depannya DWP Kemendes PDTT akan terus semangat, eksis, dan maju untuk memberdayakan perempuan-perempuan secara umum,” sambung Lilik.

Sebagai tambahan informasi, dalam peringatan ini HUT ke-21 ini, DWP Kemendes PDTT juga menggelar acara imunisasi serviks di lingkungan Kemendes PDTT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.