Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Gelaran MTQ Nasional, Wapres Harap Lahir Generasi Emas yang Hatinya Terikat Al-Quran

Kompas.com - 21/11/2020, 08:07 WIB
Deti Mega Purnamasari,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) akan lahir generasi emas yang terikat dengan Al-Quran demi kemaslahatan umat dan bangsa Indonesia

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat menutup gelaran MTQ Nasional XXVIII Kota Padang, Sumatera Barat Tahun 2020, secara virtual, Jumat (20/11/2020) malam.

"Melalui MTQ kita berharap akan lahir generasi emas yang hatinya terikat dengan Al-Quran, tetapi memiliki semangat untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berinovasi untuk kemaslahatan umat dan bangsa," ujar Ma'ruf.

Baca juga: Wapres: Kami Membutuhkan Banyak Dukungan, Khususnya dari Generasi Muda

Ma'ruf mengatakan, MTQ merupakan salah satu momen umat Islam merefleksikan Al-Quran dengan membaca dan memahaminya sesuai standar yang disusun para ulama.

MTQ juga disebutkannya mempunyai nilai strategis dalam rangka mendorong umat Islam untuk lebih memahami isi Al-Quran.

Ia mengatakan, bacaan yang bagus, hafalan yang lancar, dan pemahaman yang benar dalam MTQ merupakan salah satu cara umat Islam menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk bagi kaum bertakwa.

"Di antara tujuan diturunkannya Al-Quran adalah untuk menjadi pedoman bagi umat manusia terutama bagi orang-orang yang bertakwa, serta menjadi pencerah bagi umat manusia untuk keluar dari kegelapan menuju jalan yang terang," kata dia.

Baca juga: Milad Ke-108 Muhammadiyah, Wapres Ajak Jadi Penggerak Kesatuan Bangsa

Ma'ruf mengatakan, Al-Quran merupakan sumber ajaran Islam paling utama sehingga umat Islam harus menjadikan Al-Quran sebagai sumber inspirasi.

Termasuk juga sebagai kaidah penuntun dan landasan berpikir dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun pelaksanaan MTQ disebutkannya mempunyai nilai strategis dalam rangka pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Pasalnya, MTQ mengajak umat Islam untuk lebih dekat pada Al-Quran.

"MTQ merupakan sarana untuk mendorong para generasi muda meningkatkan kualitas bacaan, hafalan, dan pemahaman Al-Quran," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com