Kasus Aktif dan Angka Kematian akibat Covid-19 di Indonesia Masih Lebih Tinggi dari Rata-rata Dunia

Kompas.com - 15/09/2020, 08:45 WIB
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, persentase kasus aktif Covid-19 di Indonesia berada di angka 25,02 persen. Kondisi ini berdasarkan perkembangan penanganan Covid-19 hingga 13 September 2020.

"Kasus aktif di Indonesia berada di angka 25,02 persen. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dari rata-rata dunia di angka 24,78 persen," ujar Terawan, dikutip dari siaran pers Satgas Penanganan Covid-19, Senin (14/9/2020).

Baca juga: Satgas: Kasus Aktif Covid-19 Terbanyak di Jawa dan Bali

Kemudian, jumlah kasus sembuh tercatat sebanyak 155.010 kasus dengan angka kesembuhan 71 persen. Sementara, tingkat kesembuhan dunia rata-rata berada di angka 72 persen.

Selanjutnya, rata-rata kematian pasien mengalami penurunan dari 4,49 persen, kini menjadi 3,99 persen.

"Angka kematian itu mengalami penurunan dibandingkan angka kematian seminggu sebelumnya yang 4,2 persen," ungkap Terawan. 

Baca juga: Angka Kematian akibat Covid-19 Tinggi, 4 Provinsi Ini Jadi Sorotan Jokowi

Namun, persentase kematian di Indonesia masih lebih tinggi dari rata-rata dunia, yaitu 3,18 persen.

Merujuk pada kondisi tersebut, Terawan meminta masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan, terutama pada tingkat kelurahan, desa, RT dan RW.

"Memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan," tegasnya.

Sementara itu, pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 memperlihatkan data yang menyatakan bahwa penularan virus corona masih terjadi di masyarakat.

Hal ini menyebabkan jumlah kasus Covid-19 terus bertambah hingga hari ini, Senin (14/9/2020).

Baca juga: 221.523 Kasus Covid-19 di Indonesia dan Penambahan Ruang Isolasi di Wisma Atlet

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X