Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Vaksin Covid-19, Indonesia Kolaborasi dengan China dan Korea Selatan

Kompas.com - 14/07/2020, 19:51 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, dalam pengembangan vaksin Covid-19, pemerintah berkolaborasi dengan sejumlah negara seperti China dan Korea Selatan.

Terawan mengatakan, Indonesia melalui PT Bio Farma berkolaborasi dengan perusahaan bioteknologi China, Sinovac dalam membuat vaksi Covid-19.

Kedua perusahaan tersebut menargetkan dapat izin edar vaksin Covid-19 pada awal tahun 2021.

"Untuk kolaborasi international telah dilakukan kolaborasi, pertama PT Bio Farma dengan Sinovac Bioteknologi LTD, estimasi izin persetujuan edar pada awal tahun 2021," kata Terawan dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Baca juga: Wapres Maruf Berharap Vaksin Covid-19 Akan Tersedia pada Awal 2021

Terawan juga mengatakan, PT BCHT teknologi Indonesia berkerja sama dengan perusahaan China National Biotech dan menargetkan dapat izin edar vaksi Covid-19 pada awal Mei 2021.

Kemudian, PT Kalbe Farma berkolaborasi dengan perusahaan Genexine Inc, Korea Selatan. Kedua perusahaan menargetkan dapat izin edar vaksin Covid-19 pada Agustus 2021.

"Terakhir, PT Bio Farma dengan The Coallition for Epidemic Preparation Inovation atau CEPI telah masuk dalam daftar manufaktur atau short list yang berpotensi untuk memproduksi vaksin Covid-19," ujar dia. 

Lebih lanjut, Terawan mengatakan, pencarian vaksin Covid-19 juga dilakukan di dalam negeri dengan membentuk konsorsium vaksin Covid-19 yang diinisiasi Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Baca juga: Jokowi Targetkan Vaksin Covid-19 Siap Diproduksi Awal 2021

Ia mengatakan, konsorsium vaksin Covid-19 dalam negeri itu melibatkan Lembaga Eijkman, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Bio Farma, dan perguruan tinggi.

"Dengan target pelaksanaan uji klinis pada sementer dua tahun 2021," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com