Catat 74 Persen dari Total Kasus Covid-19, 8 Provinsi Jadi Perhatian Pemerintah

Kompas.com - 14/07/2020, 15:47 WIB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito Dok. BNPBKetua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
Penulis Devina Halim
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada delapan provinsi yang menjadi fokus perhatian karena jumlah kasusnya tergolong tinggi.

“Ada delapan provinsi yang menjadi perhatian karena jumlah kasusnya yang tinggi dan laju insidensinya juga tinggi,” kata Wiku dalam siaran langsung di akun Youtube BNPB, Selasa (14/7/2020).

Pertama, kata Wiku, adalah Jawa Timur dengan total kasus positif Covid-19 sebanyak 16.658 pasien.

Baca juga: Angka Kesembuhan Covid-19 di Jatim Tertinggi Nasional 5 Hari Terakhir, Ini Rahasianya

Kemudian, DKI Jakarta yang mencatatkan 14.517 kasus, Sulawesi Selatan dengan total 6.973 kasus, Jawa Tengah 5.473 kasus.

Diikuti dengan Kalimantan Selatan (4.146 kasus), Sumatera Utara (2.323 kasus), serta Papua (2.267 kasus).

Wiku mengatakan, total kasus Covid-19 di delapan provinsi tersebut menyumbang 74 persen dari jumlah kasus di Tanah Air.

“Total dari delapan provinsi ini kontribusinya adalah sekitar 74 persen dari seluruh kasus yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Kota-kota Ini Kembali Berlakukan Lockdown

Maka dari itu, ia menilai langkah 3T yang terdiri dari testing, tracing, dan treatment, perlu ditingkatkan.

“Dengan harapan kontributor kasus ini akan bisa menurun menjadi lebih baik dan kondisi Indonesia secara keseluruhan akan menjadi lebih baik pula,” ucap Wiku.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X