Pemerintah Minta Masyarakat Jaga Jarak di Dalam Maupun Luar Rumah

Kompas.com - 26/03/2020, 11:01 WIB
Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto, Senin (23/3/2020). Dok. BNPBJuru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto, Senin (23/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto meminta masyarakat dapat menjaga jarak kontak fisik dengan orang sekitar, baik di dalam maupun di luar rumah.

Hal itu dilakukan dalam rangka mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 atau virus corona.

"Harus dilaksanakan pembatasan jarak kontak fisik dalam komunikasi sehari-hari, buka hanya di luar rumah, tetapi di dalam rumah pun harus kita laksanakan," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Yuri mengatakan, masyarakat perlu menjaga jarak kontak fisik sekitar 1,5 meter lebih.

Baca juga: Pemerintah: Masyarakat Bisa Konsultasi Online soal Covid-19 lewat 12 Platform Kesehatan

Penambahan jarak tersebut dengan alasan karena sifat virus corona menular dari seseorang melalui percikan ludah kecil atau droplet.

Ini bisa terjadi saat mereka batuk, bersin, maupun saat sedang berbicara.

Yuri menegaskan bahwa upaya pencegahan dan pengendalian virus corona dipastikan akan berbasis pada komunitas.

Faktor tersebut sangat dipengaruhi oleh peran serta masyarakat dalam upaya mencegah dan mengendalikan penyebaran virus corona.

Yuri berharap masyarakat bisa menjadi subyek maupun obyek dalam misi pencegahan dan pengendalian penyebaran virus corona.

Pasalnya, pencegahan tersebut tidak bisa dikerjakan oleh satu sektor saja.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X