Wawan Minta Jaksa Tak Lagi Hadirkan Artis di Persidangannya

Kompas.com - 12/03/2020, 15:29 WIB
Artis Jennifer Dunn saat dihadirkan sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan pada Senin (9/3/2020). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DArtis Jennifer Dunn saat dihadirkan sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) oleh adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan pada Senin (9/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan meminta jaksa KPK tidak lagi menghadirkan saksi dari kalangan artis dalam sidang yang menjeratnya.

Wawan diketahui tengah menjalani sidang atas kasus dugaan tindak pidana pencucian uang dalam korupsi pengadaan alat kesehatan di Pemerintah Provinsi Banten.

"Ada permintaan dari terdakwa diharapkan tidak dipanggil saksi-saksi yang seperti berikutnya seperti Rebecca, Chaterine, dan Irawan," ujar salah seorang kuasa hukum Wawan dalam persidangan, Kamis (12/3/2020).

"Karena ini sangat mempengaruhi psikologis keluarga dan tentu nanti saksi yang sudah berkeluarga," lanjut dia.

Baca juga: Kerja di Tempat Karaoke, Jennifer Dunn Akui Dapat Mobil Mewah dari Wawan

Kuasa hukum Wawan melanjutkan, keterangan para saksi selama ini sudah cukup menggambarkan pemberian aset Wawan kepada artis sebagaimana dakwaan jaksa KPK.

"Karena fakta-fakta sebelumnya ada saksi-saksi yang sudah cukup bisa menjelaskan tentang pemberian aset-aset bahkan juga buktinya ada. Bahkan juga terdakwa akan menjelaskan seterang-terangnya tentang pemberian itu," ucap dia.

Menanggapi permintaan itu, Jaksa KPK Roy Riady akan mempertimbangkan permintaan kussa hukum Wawan tersebut.

Namun, ia menekankan bahwa pemanggilan para artis sebagai saksi bukan didasari oleh status atau popularitas mereka, melainkan untuk mencari fakta guna membuktikan dakwaan.

"Pada prinsipnya kalau mau itu memang sudah bentuk pengakuan dari pihak terdakwa mengakui bahwasanya itu memang aset, memang pemberian dari dia dan dari hasil tindak pidana, ya kalau memang persetujuan yang mulia (hakim) ya kita bacakan aja BAP-nya," ujar Roy selepas sidang.

Baca juga: Bersaksi di Pengadilan, Jennifer Dunn Tak Mau Lihat Wajah Wawan

Seperti diketahui, terdapat beberapa artis yang rencananya dihadirkan menjadi saksi dalam sidang kasus ini. Antara lain Jennifer Dunn, Catherine Wilson, dan Rebecca Reijman.

Ketiganya sempat dipanggil pada Senin (9/3/2020) lalu, namun tidak ada yang hadir.
Jennifer kemudian diperiksa pada Kamis hari ini. Sedangkan belum diketahui apakah Catherine dan Rebecca akan dipanggil lagi atau tidak.

Diberitakan sebelumnya, nama-nama selebriti muncul dalam dakwaan Wawan karena diduga menerima hadiah mobil dari Wawan.

Sejumlah artis yang namanya disebut dalam dakwaan adalah Jennifer Dunn, Catherine Wilson, Rebecca Reijman, Aimah Mawaddah Warahmah (nama panggung Aima Diaz) dan Reny Yuliana.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X