Menlu: Komunikasi dengan WNI di Kapal Diamond Princess Tak Putus

Kompas.com - 18/02/2020, 15:03 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Selasa (18/2/2020). KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYAMenteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Selasa (18/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan, komunikasi dengan warga negara Indonesia ( WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess di perairan Yokohama, Jepang, terus dilakukan.

Komunikasi intensif dilakukan setelah Duta Besar Jepang mengonfirmasi adanya tiga dari 78 WNI yang berada di kapal tersebut terjangkit virus corona.

"KBRI terus melakukan komunikasi dengan para kru WNI yang masih ada di dalam kapal," ujar Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: 3 WNI Kru Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Corona

Menlu Retno Marsudi sendiri sudah berkomunikasi dengan para kru melalui sambungan telepon.

Dalam komunikasi itu, Menlu Retno Marsudi mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia memberikan perhatian besar kepada para WNI.

"Saya menyampaikan pembicaraan yang terus kita melakukan dengan otoritas Jepang untuk memberikan perhatian kepada para kru kapal," ungkap Menlu.

Diketahui, di dalam kapal pesiar tersebut terdapat 3.711 orang. Dari jumlah itu, 2.666 orang merupakan penumpang dan 1.045 kru kapal yang berasal dari 56 negara.

Menlu Retno Marsudi mengungkapkan, tiga WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess, di Perairan Yokohama, Jepang, positif terkena virus corona.

Baca juga: Menlu Sebut Pemerintah Bantu Logistik 78 WNI yang Dikarantina di Kapal Diamond Princess

"Berdasarkan komunikasi kita terakhir, termasuk pembicaraan dengan Dubes Jepang, maka diperoleh informasi bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirm (positif)," ujar Retno di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Ia juga menyampaikan, dua dari tiga WNI yang positif corona itu telah dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, Jepang.

"Sementara yang satunya sedang menjalani proses untuk menuju rumah sakit. Sehingga per detik ini teman-teman, saya belum dapat menyampaikan satu WNI di bawa ke rumah sakit mana," kata Retno.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X