Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

BP3S Gelar Pelatihan untuk Tingkatkan Kualitas Pekerja Sosial

Kompas.com - 08/02/2020, 16:13 WIB
Anissa DW,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini, upaya membentuk sumber daya manusia (SDM) kesejahteraan sosial sangat penting. Para pekerja sosial harus memiliki profesionalisme dan kapabilitas tinggi.

Oleh karena itu, Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S) melalui Pusat Pengembangan Profesi Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial (P4S) menggelar workshop untuk memperkuat profesi pekerja sosial.

Pelatihan bertajuk Workshop Pendidikan Profesi Pekerja Sosial Seluruh Indonesia itu digelar di Hotel Sheraton, Bandung, Senin (3/2/2020) sampai Rabu (5/2/2020).

Baca juga: SDM Pekerja Sosial Jadi Kunci Kesuksesan Program Kesejahteraan Sosial

Pelatihan tersebut bertujuan agar muncul ide baru untuk menunjang dunia pendidikan profesi pekerjaan sosial, sebagai bagian dari perguruan tinggi lainnya.

"Selain itu, agar Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung dapat mencetak peserta didik berkualitas dan unggul untuk kesejahteraan sosial,” kata Kepala P4S, Tati Nugrahati dalam keterangan tertulis.

Ia melanjutkan, upaya mendorong proses serta tahapan perbaikan mutu SDM kesejahteraan sosial akan terus berjalan melalui kerja sama dengan pihak dan mitra terkait.

Sementara itu, Kepala BP3S, Syahabuddin mengungkapkan, pelatihan semacam itu penting karena pekerjaan sosial sangat dibutuhkan di Indonesia.

Baca juga: Bantu Korban Bencana Atasi Trauma, Kemensos Hadirkan Mobil Antigalau

"Saya harap akan lebih banyak perguruan tinggi membuka program studi profesi pekerjaan sosial, sehingga mereka semakin eksis di Indonesia ini," kata dia, Selasa (4/2/2020).

Syahabuddin juga berharap agar para pimpinan perguruan tinggi ilmu profesi pekerjaan sosial bergegas menyesuaikan kurikulum pendidikannya di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com