Memisahkan Kementerian Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan

Kompas.com - 07/10/2019, 18:59 WIB
- --


INDONESIA merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keragaman budaya yang khas antar satu dengan yang lainnya.

Keragaman budaya nusantara yang tersebar di berbagai wilayah ini sekaligus menjadi perekat sekaligus pondasi kekuatan negara Indonesia.

Oleh karena itu, dewasa ini pemahaman tentang kebudayaan sangat diperlukan untuk diwacanakan, khususnya bagi generasi muda yang akan menjadi generasi penerus untuk melestarikan serta mengembangkan kebudayaan nusantara.

Hal ini sangatlah penting mengingat kebudayaan nusantara yang menjadi ciri khas bangsa kita merupakan aspek sentral yang menentukan arah perjalanan Indonesia di masa depan sebagai bangsa yang berbudaya.

Selain itu, wacana kebudayaan di era Indonesia kontemporer ini cukup memprihatinkan dan mulai banyak terpinggirkan oleh berbagai kepentingan politis dan ideologis.

Berbagai isu diskriminasi berbasis ras dan budaya sampai radikalisme cukup banyak bermunculan di berbagai pemberitaan.

Melalui tulisan ini saya akan memberikan penjelasan terkait fungsi vital kebudayaan nusantara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan pentingnya pembentukan kementeriaan kebudayaan untuk menjamin, menjaga, dan mengembangkan kebudayaan nusatara.

Pentingnya kebudayaan

Kebudayaan itu sendiri secara umum merujuk pada segala hal yang berkaitan dengan cipta, rasa, karsa, bahasa, kepercayaan, dan segala hal yang dihasilkan oleh masyarakat, baik berupa benda atau tak benda.

Kebudayaan dengan segala kompleksitasnya merupakan manifestasi dari keseluruhan proses dan interaksi antarkebudayaan yang ada dan berkembang di suatu wilayah.

Kebudayaan juga dapat dimaknai sebagai seni hidup (the art of living) atau kehidupan sosial manusia (human social life) yang merupakan hasil dari interaksi sesama manusia sebagai individu atau kelompok.

Kebudayaan Indonesia sebagai sebuah seni kreatif telah memberikan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia di mata dunia, sebagai contohnya adalah Batik yang pada 02 Oktober 2009 lalu ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh organisasi PBB UNESCO.

Selain itu, sebagai warisan dan ikon kuliner khas Indonesia, rendang yang berasal dari Sumatra Barat menjadi masakan terlezat di dunia versi CNN Travel.

Di sektor pariwisata, berbagai wisatawan asing di berbagai belahan dunia telah mengakui bahwa Indonesia sangat kaya akan kesenian lokal, seperti pulau Bali dan berbagai wilayah Indonesia lainnya.

Tidak hanya itu saja, kebudayaan memiliki peran sentral dalam merekatkan masyarakat dalam perbedaan dan menyelesaikan berbagai konflik kultural.

Sebagai contoh, konflik sosial yang terjadi pada 1992-2002 di Maluku dapat diselesaikan dengan jalan pendekatan budaya.

Dengan semangat kebersamaan dan toleransi tinggi serta kekeluargaan yang menjadi ciri khas masyarakat Maluku, konflik sosial yang berkepanjangan itu dapat terselesaikan dengan jalan budaya.

Dalam konteks ini, kebudayaan memiliki banyak nilai positif dari berbagai aspek.

Budaya dan tantangan di era digital

Faktanya adalah bahwa Indonesia memiliki banyak bentuk kebudayaan di berbagai wilayahnya, baik benda maupun tak benda yang telah ada sejak zaman dahulu jauh sebelum Indonesia terbentuk sebagai sebuah negara.

Artinya, masyarakat telah memiliki sekaligus menjalani kebudayaan dalam praktik kehidupan sehari-hari mereka.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X