Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kita Ingin Fokus Pembangunan SDM Sejak Bayi Masih di Kandungan

Kompas.com - 22/08/2019, 06:27 WIB
Ardito Ramadhan,
Fabian Januarius Kuwado

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo berjanji akan memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia dalam pemerintahan periode keduanya pada 2019-2024 mendatang.

Jokowi mengatakan, pembangunan sumber daya manusia akan dimulai sejak masih berada di dalam kandungan.

"Lima tahun ke depan, kita ingin fokus pada pembangunan sumber daya manusia yang kita mulai sejak bayi dalam kandungan," kata Jokowi dalam tayangan Satu Meja The Forum di Kompas TV, Rabu (21/8/2019) malam.

Baca juga: Butuh Sinergitas Pusat dan Daerah untuk Sukseskan Pembangunan SDM

Jokowi menuturkan, Kementerian Kesehatan akan ditugaskan untuk benar-benar memperhatikan kesehatan ibu hamil dengan memberikan nutrisi, gizi dan makanan tambahan bagi ibu hamil.

Kementerian Kesehatan, kata Jokowi, juga akan ditugaskan untuk memperhatikan kesehatan anak-anak yang baru lahir.

"Anak lahir juga sama, pemberian makanan tambahan. Pemberian gizi juga mulai diikuti dan diperhatikan," ujar Jokowi.

Diketahui, bukan kali ini saja Kepala Negara mengutarakan komitmennya membangun SDM sejak masih berada dalam kandungan.

Dalam pidato kenegaraan yang dibacakan dalam Sidang Bersama DPD-DPR RI, Jumat (16/8/2019) lalu, Jokowi juga telah menegaskan hal yang sama.

Baca juga: Pidato Jokowi Benar, Pembangunan SDM Dimulai dari Kesehatan Ibu Hamil

Salah satu yang disorot kala itu adalah komitmennya menurunkan angka stunting.

"Kita turunkan angka stunting sehingga anak-anak kita bisa tumbuh menjadi generasi yang premium," kata Jokowi.

Fokusnya dalam membangun SDM merupakan kelanjutan dari pembangunan infrastruktur yang menjadi fokusnya pada periode pertama pemerintahannya.

"Dalam suasana kompetisi ketat seperti ini, yang namanya infrastruktur menjadi sebuah syarat mutlak, yang namanya sumber daya manusia itu juga menjadi sebuah syarat mutlak dalam kita membangun negara kita," kata Jokowi.

 

Kompas TV Pada pidato visi Indonesia 2019-2014 pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin memastikan ada 5 fokus kerja yang akan dilakukan dalam 5 tahun ke depan. Perubahan kondisi global yang cepat dan dinamis membuat pemerintahan lima tahun ke depan menempuh pola baru dalam mengelola negara. Jokowi menyatakan lima fokus di jilid kedua pemerintahannya adalah melanjutkan dan mempercepat pembangunan infrastruktur pembangunan sumber daya manusia menarik investasi mereformasi birokrasi dan menjamin penggunaan anggaran pendapatan dan belanja negara. Kebijakan pemerintah juga dituntut memiliki fleksibilitas yang tinggi mengingat perubahan ekonomi dunia yang sangat cepat. #JokowiMaruf #VisiIndonesia #FokusKerja
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com