ICW Minta KPK Monitor Dinamika Pemilihan Ketua MPR

Kompas.com - 30/07/2019, 16:35 WIB
Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz memberi keterangan kepada wartasan usai sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DKoordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz memberi keterangan kepada wartasan usai sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz meminta Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) memantau dinamika pemilihan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 2019-2024.

Donal mengatakan, pemilihan ketua MPR, serta ketua DPR dan DPD, membuka ruang bagi adanya politik transaksional. 

"Menurut saya, penting upaya ini dimonitor oleh KPK, ada potensi politik transaksional yang besar. Tiga-tiganya membuka ruang transaksional untuk terjadinya jual beli jabatan," kata Donal dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019).

Baca juga: MPR: Masyarakat Ingin Arah Pembangunan Kembali Ke GBHN

Donal mengatakan, praktik jual-beli jabatan itu dapat terjadi saat partai-partai politik melakukan lobi. Menurut Donal, praktik suap bisa saja terjadi dalam proses lobi-lobi tersebut.

Oleh karena itu, Donal juga meminta publik untuk memperhatikan rekam jejak nama-nama tokoh yang masuk dalam bursa pemilihan ketua MPR.

Donal berpendapat, MPR merupakan sebuah lembaga yang strategis dan kursi pimpinannya harus diisi oleh orang yang berintegritas dan jejak rekam yang bersih.

Baca juga: Dinilai Seksi, Kursi Ketua MPR Jadi Kunci Berlaga pada Pilpres 2024

"Kita berharap parpol tidak mengusung orang-orang yang pernah dikaitkan dengan kasus-kasus korupsi menjadi capim MPR. Misalnya lima tahun belakangan ini ada dugaan korupsi e-KTP," ujar Donal.

Seperti diketahui, kursi ketua MPR tengah diperebutkan oleh sejumlah partai politik yang lolos di parlemen. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X