VIDEO: Hoaks atau Fakta Sepekan, 15-22 Juli 2019

Kompas.com - 22/07/2019, 17:02 WIB
Video Hoaks Atau Fakta Pekan Ini KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoVideo Hoaks Atau Fakta Pekan Ini

KOMPAS.com – Dalam sepekan terakhir, 15-22 Juli 2019, tim cek fakta Kompas.com melakukan verifikasi dan konfirmasi atas beragam informasi yang beredar di media sosial.

Sepekan ini, sejumlah informasi yang beredar dan diklarifikasi di antaranya soal iring-iringan truk TNI yang disebut melakukan konvoi tanpa pelat nomor. TNI mengonfirmasi ini sebagai hoaks atau informasi bohong.

Selain itu, fenomena terdamparnya ribuan ikan lemuru sebelum gempa Bali, serta hoaks soal dokumen susunan calon menteri di kabinet Jokowi jilid 2.

Semua informasi itu terangkum dalam format Video Hoaks atau Fakta berikut:

Untuk mendapatkan klarifikasi atas informasi simpang siur lainnya, Anda bisa mengunjungi laman Hoaks atau Fakta Kompas.com dengan mengklik tautan ini.

Selain mendapatkan klarifikasi terpercaya atas kebenaran informasi yang Anda cari, di laman itu Anda juga bisa berkontribusi dengan berperan aktif dalam mengurangi penyebaran hoaks di media sosial.

Caranya, dengan melaporkan temuan informasi yang dicurigai sebagai kabar salah dengan disertai bukti yang bisa menguatkan dugaan Anda.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X