Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VIDEO: Hoaks atau Fakta Sepekan, 15-22 Juli 2019

Kompas.com - 22/07/2019, 17:02 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

KOMPAS.com – Dalam sepekan terakhir, 15-22 Juli 2019, tim cek fakta Kompas.com melakukan verifikasi dan konfirmasi atas beragam informasi yang beredar di media sosial.

Sepekan ini, sejumlah informasi yang beredar dan diklarifikasi di antaranya soal iring-iringan truk TNI yang disebut melakukan konvoi tanpa pelat nomor. TNI mengonfirmasi ini sebagai hoaks atau informasi bohong.

Selain itu, fenomena terdamparnya ribuan ikan lemuru sebelum gempa Bali, serta hoaks soal dokumen susunan calon menteri di kabinet Jokowi jilid 2.

Semua informasi itu terangkum dalam format Video Hoaks atau Fakta berikut:

Untuk mendapatkan klarifikasi atas informasi simpang siur lainnya, Anda bisa mengunjungi laman Hoaks atau Fakta Kompas.com dengan mengklik tautan ini.

Selain mendapatkan klarifikasi terpercaya atas kebenaran informasi yang Anda cari, di laman itu Anda juga bisa berkontribusi dengan berperan aktif dalam mengurangi penyebaran hoaks di media sosial.

Caranya, dengan melaporkan temuan informasi yang dicurigai sebagai kabar salah dengan disertai bukti yang bisa menguatkan dugaan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com