BNPB Menilai Kalimantan Bisa Jadi Pilihan Ibu Kota Baru

Kompas.com - 30/04/2019, 16:43 WIB
Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comKepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menilai, jika pemerintah hendak memindahkan Ibu Kota, wilayah Kalimantan bisa menjadi salah satu daerah yang tepat karena tidak rawan bencana dan aman.

"Kalau kita lihat memang wilayah Kalimantan tidak rawan bencana dan aman. Dari tahun 1960 sampai dengan sekarang, Kalimantan memang paling aman," ujar Sutopo di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).

Sutopo menambahkan, dari sisi kebencanaan, wilayah Kalimantan mudah untuk dikendalikan, mulai dari banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan. Namun demikian, hingga kini Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) masih mengkaji hal tersebut.

Baca juga: Kata Wapres Kalla, Cita-cita Pemindahan Ibu Kota seperti New York dan Washington

BNPB, lanjutnya, juga berperan dalam memberikan masukan dan kajian kebencanaan kepada Bappenas terkait pemindahan Ibu Kota. Kalimantan Tengah, Timur, dan Barat bisa menjadi pilihan bagi pemerintah.

"Kalimantan Tengah, Timur, dan Barat bisa jadi opsi pemerintah karena rawan bencana. Dalam melihat kebencanaanya, BNPB juga memberikan sumbangsih kajian kebencanaan kepada Bappenas," paparnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota ke luar pulau Jawa. Hal itu diputuskan Jokowi dalam rapat terbatas terkait pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X