Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi: Jangan Ada yang Main-main Lagi dengan Korupsi

Kompas.com - 11/12/2018, 12:42 WIB
Ihsanuddin,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh menteri, kepala lembaga, hingga kepala daerah, untuk tidak bermain-main dengan anggaran negara.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

"Pastikan setiap rupiah dari APBN 2019 ini betul-betul digunakan untuk kepentingan rakyat. Jangan ada yang bermain-main lagi dengan korupsi," kata Jokowi.

"Jangan ada penyalahgunaan anggaran, jangan ada pemborosan, jangan ada mark up. Jangan ada perbuatan-perbuatan menyimpang yang lainnya," tambah dia.

Jokowi mengatakan, APBN 2019 yang ditetapkan lebih dari Rp 2.400 triliun harus digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan rakyat.

Jokowi meminta pimpinan kementerian dan lembaga serta kepala daerah memantau pelaksanaannya secara berkala.

"Pastikan semua program berjalan dengan baik. Artinya, pantau terus anggaran secara berkala. Bulanan atau triwulan," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menekankan, pelaksanaan anggaran harus difokuskan pada pembiayaan program.

Jokowi tak mau lembaga-lembaga pemerintah justru lebih banyak mengalokasikannya untuk kegiatan pendukung, seperti rapat-rapat, perjalanan dinas, hingga honor untuk pegawai.

"Alokasi anggaran harus betul-betul dominan untuk kegiatan utama, bukan pendukung," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com