Presiden Puji Kekhasan Universitas Aisyiyah - Kompas.com

Presiden Puji Kekhasan Universitas Aisyiyah

Kompas.com - 06/12/2018, 19:46 WIB
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi fasilitas pendidikan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Kamis (6/12/2018).Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo saat mengunjungi fasilitas pendidikan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Kamis (6/12/2018).

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi fasilitas pendidikan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Kamis (6/12/2018).Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo saat mengunjungi fasilitas pendidikan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Kamis (6/12/2018).
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo, Kamis (6/12/2018) siang, mengunjungi Universitas Aisyiyah Yogyakarta di Jalan Ring Road Barat Nomor 63, Nogotirto, Gamping, Sleman.

Di universitas itu, Presiden meninjau sejumlah fasilitas. Ia sekaligus melihat secara langsung bagaimana metode belajar mengajar praktis di universitas itu.

Kepada wartawan usai peninjauan, Presiden Jokowi memuji Aisyiyah yang dinilainya mampu berkontribusi bagi pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, sesuai dengan rencana pemerintah.

Baca juga: Bukan Sepeda yang Dibagikan Jokowi, tetapi...


"Saya kira kekuatan-kekuatan seperti inilah yang nantinya akan menjadi sebuah peran sentral bagi pembangunan sumber daya manusia yang kita harapkan dilakukan besar-besaran pada tahun 2019," ujar Jokowi.

Jokowi juga menilai, Universitas Aisyiyah memiliki kekhasan. Sebab, hampir 80 persen tenaga pengajarnya merupakan perempuan. Demikian pula dengan mahasiswanya.

"Saya lihat 80 persen dosennya adalah perempuan-perempuan mandiri dan pandai, sehingga saya kira mengajarkan ke anak-anak didiknya jadi lebih mudah. Saya lihat mahasiswanya juga sebagian besar perempuan, jadi connect," ujar Jokowi.

Secara khusus, ia juga memuji Muhammadiyah sebagai organisasi massa Islam besar yang tak hanya fokus pada dakwah saja, melainkan juga berkontribusi bagi pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Jokowi dan Sri Sultan Bertemu Empat Mata, Apa yang Dibicarakan?

"Kita tahu di Muhammadiyah itu, yang namanya bidang kesehatan dan pendidikan itu sudah puluhan tahun. Sebagai contoh tadi misalnya kayak Madrasah Mu'allimin-Mu'allimat Muhammadiyah sudah ada semenjak 1918 dengan gedung begitu megahnya," ujar dia.

"Artinya, memang ini adalah sebuah perjuangan panjang dari Muhammadiyah dalam bidang pendidikan yang memang sejak lama digeluti. Di bidang kesehatan juga sama," lanjut dia.

Kehadiran Presiden di universitas disambut meriah mahasiswa. Mereka berebutan meminta bersalaman dan berswafoto dengan Presiden. Jokowi pun melayani mereka satu per satu.

Kompas TV Presiden Joko Widodo menegaskan pembangunan jalan Trans Papua dari Wamena hingga Mamugu tetap berlanjut meski ada peristiwa penembakan pekerja. Presiden menyatakan tidak ada tempat bagi kelompok kriminal bersenjata dan pembangunan di tanah Papua harus terus berjalan.

 


Terkini Lainnya


Close Ads X