Komisi III DPR Tetapkan 7 Calon Komisioner LPSK Terpilih

Kompas.com - 05/12/2018, 20:37 WIB
Desmond Mahesa Wakil Ketua Komisi lll DPR datang ke Polda Metro Jaya, Senin (9/7/2018) STANLY RAVELDesmond Mahesa Wakil Ketua Komisi lll DPR datang ke Polda Metro Jaya, Senin (9/7/2018)
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi III DPR menetapkan tujuh komisioner Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban ( LPSK) terpilih setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Ketujuh orang tersebut berasal dari berbagai latar belakang akademisi, psikolog, polisi, dan lain-lain. Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaedi Mahes menilai, ketujuh orang tersebut layak menjabat Komisioner LPSK karena memiliki pengalaman di bidang perlindungan saksi dan korban.

"Kriterianya hari ini orang yang kami harapkan di LPSK adalah orang yang memahami tentang tupoksinya (tugas pokok dan fungsi)," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaedi Mahesa usai uji kelayakan dan kepatutan.

Ia berharap, LPSK ke depannya memberikan perhatian penuh kepada para saksi dan korban agar menjadi pihak yang berani memberikan kesaksian dalam mengungkap tindak pidana.


Karena itu, politisi Partai Gerindra ini berharap pula ke depannya LPSK dapat memberikan perlindungan optimal kepada para saksi dan korban.

Meski demikian, Desmond meyadari latar belakang para komisioner LPSK terpilih kali ini kurang lengkap lantaran tak ada yang berlatar belakang jaksa dan unsur Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Namun anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai ketiadaan unsur jaksa dan Kemenkumham tak membuat komisioner terpilih saat ini menjadi tidak sah.

"Karena sebagian kami terjemahkan itu komposisi ideal, bukan keharusan. Kami harus berprasangka baik juga ke pansel (panitia seleksi). Bisa aja mereka tidak kirimkan dua unsur itu karena memang tidak ada yang qualified atau tidak ada pelamarnya dari dua unsur itu," kata Arsul.

Baca juga: Komisi III DPR Uji 14 Calon Anggota LPSK Periode 2018-2023

"Tapi kalau lihat komposisinya ini cukup lengkap. Ada polisi, psikolog, ada keterwakilan gender dua perempuan, ada tenaga ahli LPSK," lanjut Sekjen DPP PPP ini.

Berikut ketujuh Komisioner LPSK terpilih yang nantinya akan disahkan dalam rapat paripurna DPR. 

Hasto Atmojo Suroyo, Brijen (Pol) Achmadi, Antonius Prijadi Soesilo Wibowo, Edwin Partogi Pasaribu, Livia Istania DF Iskandar, Maneger Nasution, dan Susilaningtias. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X