Kompas.com - 30/09/2018, 21:13 WIB
Pasien Rumah Sakit Anuta Pura terpaksa dirawat di halaman rumah sakit  akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPasien Rumah Sakit Anuta Pura terpaksa dirawat di halaman rumah sakit akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018). Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya kesulitan mendapat laporan secara intensif terkait penanganan gempa dan tsunami dari tiga lokasi di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ketiga tempat itu adalah Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong.

"Belum ada laporan secara terus-menerus dan komunikasi masih lumpuh. Listrik masih padam sehingga menyebabkan aktivitas lain terganggu," kata Sutopo dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Kondisi itu, kata Sutopo, membuat BNPB tak mengetahui secara jelas bagaimana dampak dan penanganan bencana di tiga wilayah terdampak tersebut.

Baca juga: BNPB Sebut Ada 3 Fokus Penanganan Gempa dan Tsunami di Palu

"Kami tidak tahu secara pasti bagaimana dampak bencana di sana, bagaimana penanganan dan sebagainya," papar Sutopo.

Kendati demikian, Sutopo menjelaskan ada posko tanggap darurat yang disiapkan di tiga wilayah tersebut. Sementara posko induk tanggap darurat dipusatkan di markas Komando Resor Militer 132 Tadulako di Palu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sehingga antar kabupaten, kota, dengan provinsi akan dilakukan koordinasi dengan baik. Berdasarkan laporan hari ini, posko set-up akan dilakukan semuanya dan segera dioperasikan," ungkap Sutopo.

Baca juga: BNPB: Perlu Relawan yang Terlatih untuk Gempa dan Tsunami di Palu



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.