TNI Siapkan Personel dan Alutsista untuk Bantu Pengamanan Mudik

Kompas.com - 05/06/2018, 17:32 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5/2018) malam.KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, sejumlah personel dan alutsista TNI akan dikerahkan di beberapa tempat umum seperti bandara, pelabuhan dan terminal bus.

Hal ini sebagai bentuk kesiapan TNI dalam membantu Polri mengamankan arus mudik Lebaran 2018.

Hal itu dikatakan Hadi saat menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor di Gedung Mabes Polri, Selasa (5/6/2018).

"TNI dibantu Polri dan instansi lainnya akan menjaga keselamatan dan keamanan bagi seluruh masyarakat, khususnya yang merayakan Hari Raya Idul Fitri," ujar Hadi, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

Menurut Hadi, prajurit TNI juga akan ditempatkan di berbagai tempat untuk membantu pihak kepolisian. Misalnya menjaga rumah ibadah dan menggelar pengamanan di pos-pos terpadu seperti rest area dan sebagainya.

Baca juga: Amankan Mudik Lebaran, 1.558 Personel Gabungan TNI/Polri Dikerahkan

Selain itu, menurut Hadi, apabila diperlukan, TNI akan mendukung arus mudik dan arus balik dengan menyiapkan dua unit KRI jenis LPD (landing platform dock), dengan kapasitas angkut 1.000 orang, 30 mobil dan 400 sepeda motor. 

TNI juga menyiapkan empat pesawat Hercules C-130, dengan kapasitas 100 sampai dengan 132 orang per pesawat.

Kemudian, TNI juga telah menyiapkan rencana kontijensi untuk menghadapi situasi kritis selama pelaksanaan mudik lebaran, dengan melibatkan 26 pesawat TNI (14 pesawat Hercules C-130, 5 pesawat Boeing-737, 5 pesawat CN-295 serta 2 CN-235.

"Hal ini disiapkan TNI untuk mengantisipasi bila terjadi bencana alam, karena angkutan udara yang dapat mendukung dan mudah digerakan untuk mendukung logistik bahan makan dan lainnya," kata dia.




Close Ads X