Selasa Besok, KPK Periksa Agus Martowardojo Terkait Kasus KTP Elektronik

Kompas.com - 31/10/2016, 18:05 WIB
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Dok Bank IndonesiaGubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo pada Selasa (1/11/2016) besok.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan, Agus akan diperiksa terkait kasus dugaan korupsi pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis nomor induk kependudukan secara nasional atau disebut KTP elektronik.

"Untuk Agus Martowardojo, memang waktu itu kan ada permintaan akan dijadwal ulang. Yang bersangkutan minta diperiksa pada 1 November 2016. Jadi saya informasikan besok akan dijadwalkan pemeriksaan," ujar Yuyuk, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (30/10/2016).

Yuyuk mengatakan, Agus diperiksa dalam kapasitas sebagai mantan Menteri Keuangan.

Ia akan dimintai keterangan seputar anggaran, mekanisme dan prosedur mengenai proyek e-KTP.

"Agus diperiksa dalam kapasitas yang bersangkutan sebagai mantan Menteri Keuangan jadi akan ditanyai seputar anggaran, mekanisme dan prosedur anggaran mengenai proyek e-KTP. Kemudian bagaimana proses pembahasan anggaran dengan Kemendagri," kata Yuyuk.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua orang tersangka yakni, Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Sugiharto, dan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Irman.

Irman ditetapkan sebagai tersangka setelah diduga melakukan penyalahgunaan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain.

Dia diduga menggelembungkan anggaran (mark up) saat menjabat sebagai pelaksana tugas Dirjen Dukcapil dan Dirjen Dukcapil.

Menurut KPK, proyek pengadaan KTP elektronik tersebut senilai Rp 6 triliun. Sementara, kerugian negara yang ditimbulkan mencapai Rp 2 triliun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X