11 Calon Pimpinan KPK Jalani Uji Profil

Kompas.com - 22/09/2014, 17:53 WIB
Logo KPK KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Logo KPK
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak sebelas calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos tahap seleksi pembuatan makalah mulai menjalani profile assessment atau penilaian profil. Tahap ini telah berlangsung sejak 18 September lalu, dan akan berakhir pada 25 September 2014. 

"Tes profile assessment ini lebih pada sisi psikologi para peserta," ujar Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Biro Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Rakhmat Renaldy, di Kantor Kemenhuk dan HAM, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (22/9/2014).

Rakhmat mengaku tidak tahu pertanyaan apa saja yang diajukan kepada para calon. Dalam tes tersebut, kata Rakhmat, para peserta diuji kompetensinya oleh konsultan profesional dan berpengalaman. 

"Mereka independen," kata Rakhmat.

Saat disinggung apakah akan ada peserta pansel yang gugur dalam tes ini, Rakhmat enggan menjawabnya. "Tunggu saja tanggal 26 September ya. Nanti tanggal 26 September ada konferensi pers terkait hasil profile Assessment ini," ujar Rakhmat.

Pada tahapan penilaian profil, yang akan dinilai adalah kepribadian peserta, penelusuran rekam jejak peserta, dan wawancara.

Sebelumnya, Panitia Seleksi Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan peserta yang lolos tahap seleksi makalah pada 11-13 September 2014. Dari 59 peserta yang mengikuti seleksi makalah, sebanyak 11 calon dinyatakan lolos seleksi.

Juru bicara Pansel Imam Prasodjo mengatakan, ke-11 peserta yang lolos seleksi telah memenuhi kriteria yang dicari Pansel untuk mengisi kekosongan posisi pimpinan KPK setelah masa jabatan Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas berakhir pada Desember 2014.

"Dia lah yang memiliki harapan untuk bisa dilanjutkan. Ini masih belum selesai, masih ada tahapan lainnya," kata Imam di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Senin (15/9/2014).

Berikut 11 nama peserta yang lolos seleksi makalah:
1. Iwan Nazarudin Kurniawan (Swasta)
2. Ichran Efendi Siregar (PNS/Pensiunan)
3. Jamin Ginting (Swasta)
4. Muhammad Busyro Muqoddas (Swasta)
5. I Wayan Sudirta (Advokat)
6. Trisaktiyana (PNS/Pensiunan)
7. Ninik Maryanti (PNS/Pensiunan)
8. Ahmad Taufik (Swasta)
9. Robby Arya Brata (Advokat)
10. Subagio (PNS/Pensiunan)
11. Eddy Fritz Sinaga (Swasta).

 

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X