Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Ruhut, Tes Keperawanan Siswi Tak Masuk Akal

Kompas.com - 20/08/2013, 10:10 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyayangkan adanya wacana tes keperawanan terhadap para siswi yang digulirkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Menurutnya, hal itu tak masuk akal dan tak dibenarkan secara etika.

Ruhut mengatakan, Disdik Kota Prabumulih seharusnya menjalankan aturan sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional. Ia menyayangkan bila Disdik setempat mengimplementasikan aturan yang berbeda dengan aturan yang telah ada sebelumnya.

"Mestinya tidak boleh, kami tidak setuju yang begitu-begitu," kata Ruhut di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Seperti diberitakan, Disdik Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, membuat rencana kebijakan yang kontroversial. Semua siswi sekolah di Prabumulih diwacanakan akan dites keperawanannya. Tes tersebut sebagai respons terhadap maraknya kasus siswi sekolah yang berbuat mesum, bahkan diduga melakoni praktik prostitusi.

"Kami tengah merencanakan ada tes keperawanan untuk siswi SMA sederajat. Dana tes itu kami ajukan untuk APBD 2014," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih HM Rasyid, Senin (19/8/2013).

Rasyid mengakui, rencana Disdik tersebut rentan disalahartikan dan bakal mendapat kecaman pelbagai pihak. Disdik juga sempat takut rencana kebijakan itu bakal dicap melanggar hak asasi para siswi.

"Masalah keperawanan adalah hak asasi setiap perempuan. Tapi di sisi lain, kami berharap seluruh siswi tak terjerumus ke hal negatif. Karena itu, kami tetap mewacanakan kebijakan itu untuk digelar tahun depan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com