Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Minta Hotel dan Swalayan Tegas Terapkan SOP

Kompas.com - 17/07/2009, 19:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bom rakitan lolos begitu saja masuk ke dua hotel mewah di kawasan Mega Kuningan. Polisi menduga ada keteledoran dalam menerapkan standar operasional prosedur (SOP) pengamanan dalam hotel.

Oleh karena itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri mengimbau agar setiap petugas keamanan wajib menerapkan SOP dengan ketat.

"Kita imbau agar SOP di hotel dan swalayan dilakukan secara tegas. Saya pergi ke Singapura, masuk ke hotel, ikat pinggang dan sepatu saja diminta dicopot. Tegas ini untuk kepentingan dan keselamatan bersama. Kalau ada yang ngaku laptop, jangan percaya begitu saja," ujarnya saat konferensi pers di halaman Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Jumat (17/7).

Pada Jumat (17/7) pagi, dua bom meledak berurutan di Hotel Ritz-Carlton dan Hotel JW Marriott. Polisi juga menemukan sebuah bom rakitan di kamar 1808 Hotel JW Marriott. Beruntung, bom tersebut dapat dijinakkan.

Polisi mensinyalir kamar tersebut merupakan posko para pelaku bom bunuh diri itu. Berdasarkan data dari hotel, mereka masuk sejak Rabu (15/7) dan rencananya mereka keluar pada Jumat (17/7), tepat di hari mereka mengakhiri nyawanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com